Penerapan Green Accounting, Profitabilitas, dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023)
DOI:
https://doi.org/10.30595/ratio.v6i1.23922Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak green accounting, profitabilitas, dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sepanjang periode 2021-2023. Perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia merupakan populasi yang digunakan selama periode 2021-2023. Sejenis pengambilan sampel yang dikenal sebagai purposive sampling digunakan. Selama penyelidikan ini, metode pengumpulan data menggunakan pendekatan kuantitatif. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda sebagai metodenya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa green accounting tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, good corporate governance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak green accounting, profitabilitas, dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sepanjang periode 2021-2023. Perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia merupakan populasi yang digunakan selama periode 2021-2023. Sejenis pengambilan sampel yang dikenal sebagai purposive sampling digunakan. Selama penyelidikan ini, metode pengumpulan data menggunakan pendekatan kuantitatif. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda sebagai metodenya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa green accounting tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, good corporate governance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
References
Agatha, S. N., & Widoretno, A. A. (2023). Pengaruh Green Accounting dan Material Flow Cost Accounting Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. 19(02), 347–361.
Agoes, S., & Ardana, I. C. (2019). Etika Bisnis dan Profesi- Edisi Revisi Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya (8th ed.). Salemba Empat.
Aurillia Salsabila, & Jacobus Widiatmoko. (2022). Pengaruh Green Accounting terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2021. Jurnal Mirai Manajemen, 7(1), 410–424.
Cahyani, M. I. (2023). Determinan Nilai Perusahaan: Sustainability Report Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.
Cerciello, M., Busato, F., & Taddeo, S. (2023). The effect of sustainable business practices on profitability. Accounting for strategic disclosure. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 30(2), 802–819. https://doi.org/10.1002/csr.2389
Darniaty, W. A., Aprilly, R. V. D., Nurhayati, W. T., Adzani, S. A., & Novita, S. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Performa Keuangan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 19(2), 95–104. https://doi.org/10.35384/jkp.v19i2.390
Elkington, J. (1997). The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Capstone Publishing Limited.
Erlangga, C. M., Fauzi, A., & Sumiati, A. (2021). Penerapan Green Accounting dan Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Profitabilitas. Akuntabilitas, 14(1), 61–78. https://doi.org/10.15408/akt.v14i1.20749
Faradilla Purwaningrum, I., & Haryati, T. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1914–1925. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1451
FM, S. M. S., & Yuhertiana, I. (2023). Green Economy and Green Accounting: A Bibliometric Analysis. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 8(5), 3055–3060. www.ijisrt.com
Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitman Publishing.
Freeman, R. E., Harrison, J. S., Wicks, A. C., Parmar, B., & de Colle, S. (2010). Stakeholder theory: The state of the art. Stakeholder Theory: The State of the Art, 1–343. https://doi.org/10.1017/CBO9780511815768
Goldie Kelly, S., & Deliza Henny. (2023). Pengaruh Green Accounting Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 3301–3310. https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.18051
Harahap, S. . (2008). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada.
Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Center for Academic Publishing Service.
HIDAYAH, T. N. (2020). PENGARUH PENGUNGKAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Sustainability Reporting Award periode tahun 2014-2017). Jurnal Akuntansi 2020, 1–13.
Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Corporate dan Kebijakan Perusahaan). Scopindo Media Pustaka.
Indrawati, Y. Y. D., & Sulistyowati, E. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020 Yurike. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1349–1358.
Istiqomah, C. (2019). Pengaruh Green Accounting dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. In Jurnal Benefita (Vol. 4, Issue 1). www.idx.co.id.
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan (Satu). PT. Raja Grafindo Persada.
Lako, A. (2018). Akuntansi hijau : isu, teori, dan aplikasi (A. Suslia & M. Masykur (eds.)). Jakarta : Salemba Empat.
Limantara, T. S., Amalia, H. S., & Soelistijono, B. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Di Indonesia. In Jurnal Manajemen dan Akuntansi (Vol. 22, Issue 1, pp. 14411–14464). http://journal.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/
Maricar, A., & Priyawan, S. (2024). Implementasi Akuntansi Lingkungan Dalam Hubungannya Dengan Konsep Triple Bottom Line Menuju Green Economy Guna Mencapai Keberlanjutan Pada PT Varia Usaha Beton (VUB) Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 2(1), 8–23. https://journal.areai.or.id/index.php/jepi/article/view/244/264
Musfiyana, R., & Inayah, N. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responbility Sebagai Variabel Intervening. JURNAL CAPITAL : Kebijakan Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 64–80. https://doi.org/10.33747/capital.v4i2.149
Ndruru, M., Silaban, P. B., Sihaloho, J., Manurung, K. M., & Sipahutar, T. T. U. (2020). Pengaruh likuiditas, Leverage,Dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur tahun 2015-2017. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, 4(3), 2621–5306.
Novianti, V. (2019). Pengaruh Penerapan Green Accounting, KepemilikanSaham Publik, Pengungkapan Media TerhadapCorporate Social Responsibility Disclosure. 17–58.
Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195
Rilla Gantino, Endang Ruswanti, & Agung Mulyo Widodo. (2023). Green Accounting And Intellectual Capital Effect On Firm Value Moderated By Business Strategy. Jurnal Akuntansi, 27(1), 38–61. https://doi.org/10.24912/ja.v27i1.1118
Sajida, Y. A., & Purwanto, A. (2021). Analisis Pengaruh Enterprise Risk Management (Erm) Dan Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2017-2019. Diponegoro Journal of Accounting, 10(4), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Sudana, I. M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan. PT. Gelora Aksra Pratama.
Suhartini, D., & Megasyara, I. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Equity, 21(2), 129–140. https://doi.org/10.34209/equ.v21i2.639
Tarmadi Putri, K. A., & Mardenia, L. (2019). Pengaruh Gcg, Csr, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Wahana Akuntansi, 14(2), 156–169. https://doi.org/10.21009/wahana.14024
Utami, C. N., & Widati, L. W. (2022). Pengaruh Profitabilitas , Likuiditas dan Kepemilikan. OWNER: Riset & Jurnal Akuntansi, 6, 885–893.
Yulianti, A. K., & Sundari, S. (2023). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Gorontalo Accounting Journal, 6(2), 241. https://doi.org/10.32662/gaj.v6i2.3166
Yustika, B. A., & Sulistyowati, E. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Mufakat Jurnal Ekonomi Manajemen, Dan Akuntansi, 2(4), 922–933.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
RATIO : Reviu Akuntansi Kontemporer Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.