Meta-Analisis Kualitas Website Onclass Universitas Muhammadiyah Purwokerto Berdasarkan Standarisasi SCORM Content Agregation Model

Beny Pradana, Hindayati Mustafidah

Abstract


E-learning OnClass ini menjadi salah satu sarana pembelajaran berbasis teknologi informasi yang disediakan oleh pihak Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Namun e-learning OnClass belum mendapat penilaian kualitas kinerja dari pengguna dengan menggunakan standarisasi SCORM yaitu menggunakan variabel  Accessibility, variabel Adaptability, variabel Affordability, variabel Durability, variabel Interoperability, dan variabel Reuseability. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan meta-analisis terhadap tingkat kualitas dari website e-learning OnClass Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meta-analisis yang dibantu dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner performance dan importance serta variabel dari standarisasi e-learning SCORM. Teknik analisis pada penelitian ini berupa analisis gap yaitu dengan menghitung  nilai selisih antara performance dan importance dari website OnClass Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Setelah dilakukan perhitungan selisih antara performance dan importance dihasilkan bahwa ada beberapa variabel yang memiliki selisih nilai negatif walaupun dengan rentang yang kecil. Variabel tersebut yaitu variabel Adaptability dengan nilai -0,0662, variabel Durability dengan nilai -0,0618, variabel Interoperability dengan nilai -0,1068, dan variabel Reuseability dengan nilai -0,0026. Walaupun demikian, tidak semua item dalam variabel tersebut bernilai negatif, masih ada yang memiliki selisih nilai yang positif. Artinya kualitas website OnClass masih cukup bagus dan terjaga karena rentang selisih dari tingkat performance dan importance masih termasuk sedikit. Variabel serta atribut yang bernilai negatif tetap harus mendapatkan prioritas untuk ditingkatkan kualitasnya.

Keywords


e-learning; OnClass; SCORM; performance-importance

References


Azzami, D. P. A. and Mustafidah, H. (2019) ‘Meta-Analisis Konsep Penerapan Metode E-Learning pada Universitas Muhammadiyah Se-Jawa Tengah’, Sainteks, 16(2), pp. 137–150.

Dahiya, S. et al. (2012) ‘An eLearning System for Agricultural Education’, Indian Res. J. Ext. Edu, 12(3), pp. 132–135.

Ghozali, I. (2018) ‘Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25’.

Heaton, J. (2015) Artificial Intelligence for Humans, Volume 3: Neural Networks and Deep Learning. 1.0. Edited by T. Heaton. Chesterfield, USA: Heaton Research Inc.

Mailangkay, A. B. L. and Perbanas, I. (2016) ‘PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI ALAT BANTU MENGAJAR DALAM DUNIA PENDIDIKAN’, 3, pp. 17–21.

Mustafidah, H. and Suwarsito, S. (2015) Model Parameter Jaringan Syaraf Tiruan untuk Pemilihan Algoritma Pelatihan Jaringan Backpropagation yang Paling Optimal. Purwokerto, Central Java, Indonesia.

Mustafidah, H. and Suwarsito, S. (2016) ‘Testing Design of Neural Network Parameters in Optimization Training Algorithm’, in 2016, I. (ed.) International Conference of Result and Community Services, 6th August 2016. Purwokerto, Indonesia: UMP Press, p. THN. 139-146.

Sofia, M. A., Mustafidah, H. and Suwarsito, S. (2015) ‘Basis Data Fuzzy Model Tahani untuk Menentukan Jenis Pakan Ikan Berdasarkan Harga dan Kandungan Gizi Bahan Baku Pakan’, JUITA (Jurnal Informatika), III(3), pp. 143–155.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bnadung: PT Alfabet.

Tiara (2015) ‘Pengembangan Media E-Learning Berbasis Moodle Pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Untuk Siswa Kelas Xii Ips Semester Gasal Di Sma Negeri 4 Jember’, Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, (November), pp. 1–8.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v19i2.15121

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2686-0546