MATERI YANG TEPAT BUKU KONSEP DASAR PKn UNTUK MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v11i1.196Abstract
Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah (1) berkembangnya nilai-nilai kewarganegaraan mahasiswa sebagai warga masyarakat dan warga negara; (2) terwujudnya kampus sebagai embrio laboratorium demokrasi dan kewarganegaraan. Target khusus yang ingin di capai adalah (1) memperoleh materi yang tepat matakuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan nilai-nilai kewarganegaraan mahasiswa; (2) terwujudnya buku ajar Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mahasiswa yang diterbitkan oleh penerbit berskala nasional dan beredar secara nasional. Penelitian ini merupakan survey, dengan pendekatan kualitatif. Sebagai informan para pakar Pendidikan Kewarganegaraan, dosen-dosen Pendidikan Kewarganegaraan, guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan dan mahasiswa Prodi Pendidikan Kewarganegaraan di Jawa Tengah yang mengontrak mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan tahun akademik 2013-2015. Metode Pengumpulan data dengan angket, observasi, wawancara dan dokumenter. Analis data dengan deskriptif kualitatif. Data dideskripsikan sehingga memiliki makna yang sistematis dan sistemik, dengan teknik reduksi data, display data dan konklusi. Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa, nilai-nilai KewarganegaraanReferences
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, No.06/D/T/2010, tertanggal 5 Januari 2010 Surat yang ditujukan kepada Rektor Universitas/Institut Negeri dan Swasta, Ketua Sekolah Tinggi Negeri dan Swasta, Direktur Akademi/Politeknik Negeri dan Swasta, coordinator Kopertis Wilayah I s.d. XII.
_______, (2002). Modul Acuan Proses Pembelajaran Matakuliah Pengembangan Kepribadian, Depdiknas, Jakarta.
_______,Nomor: 43/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.
Effendi, S., 2006. Sambutan Rektor pada Pembukaan Simposium Nasional Pengembangan Kewarganegaraan sebagai Paradikma Ilmu Pengetahuan dan Pembangunan Nasional, Yogyakarta, 14-15 Agustus 2006.
Hamengku Bowono X, S..S., 2012. Dinamka Dunia dalam Dasawarsa Terakhir dan Potensi Perubahan Geopolitik, Ekonomi dan Sosial Maupun Pergeseran Peradaban Dunia, Makalah pada Seminar Nasional Kagama, 14 Desember 2012, di GSP UGM.
Kaelan, 2002. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Edisi Reformasi, Yogyakarta: Paradigma.
Pabottinggi, M., 2012. Ketercerahan Politik sebagai Modal Imperatif Bangsa Menuju Peradaban Dunia, Makalah pada Seminar Nasional Kagama, 14 Desember 2012, di GSP UGM.
Pimpinan MPR dan Tim Kerja Sosialisas MPR Periode 2009-2014, 2012. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.
Pitoyo, J., dkk., 2006. Persepsi Generasi Muda terhadap Kewarganegaraan, Makalah pada Simposium dan Sarasehan Peringatan Kemerdekaan RI dan Hari Lahirnya Kewarganegaraan, Yogyakarta, 14-15 Agustus 2006.
Pusposutardjo, S., 2001. Kata Sambutan Kapita Selekta Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mahasiswa, Jakarta: Bagian Proyek Peningkatan Tenaga Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2002.
Siswomihardjo, K., W., 2002. Reposisi/Orientasi Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Menghadapi Tantangan Abad XXI, Jakarta: : Bagian Proyek Peningkatan Tenaga Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2002.
Siswomiharjo, et.al., 2002. Modul Acuan Proses Pembelajaran Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan.
Zamroni, 2003, Peran pendidikan Tinggi dalam Menuju Kehidupan Masyarakat yang Demokratis, Makalah di sampaikan pada Seminar Nasional Civic Education di Perguruan Tinggi di Yogyakarta, 8-9 Maret 2003.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)