Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Manasik Haji Berbasis Virtual 3D

Pajar Sidiq, Hindayati Mustafidah

Abstract


Haji merupakan rukun Islam yang kelima yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslim yang telah mampu melaksanakannya. Manasik haji pada dasarnya adalah memberikan pelajaran atau informasi mengenai tata cara melaksanakan ibadah haji, sehingga tidak hanya terbatas pada calon jama’ah haji, biasanya masyarakat beragama muslim mempelajari tata cara melaksanakan ibadah haji dengan menggunakan buku-buku atau dengan cara memperagakan langsung dengan cara mensimulasikan tata cara ibadah haji sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Namun banyak kalangan masyarakat muslim yang enggan mendalami manasik haji, dikarenakan beberapa hal seperti tidak adanya waktu, dan kurangnya minat mempelajari dikarenakan kurang menarik dan tidak praktis. Dari hal tersebut sehingga muncul ide untuk membuat aplikasi simulasi manasik haji berbasis virtual 3D, aplikasi ini berisi tentang simulasi untuk rukun haji. Aplikasi manasik haji berbasis virtual reality ini dirancang dan dibuat dengan menggunakan software 3Ds Max dan unity 3D Game Engine. Hasil penelitian berupa aplikasi manasik haji yang dapat menampilkan simulasi virtual reality, yang meliputi simulasi tiba di bandara, Wukuf di Arafah, Mabit di Muzdalifah, Mabit di Mina, Jumrah, Tawaf, Sa’i dan simulasi Tahallul. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan terjadi peningkatan minat masyarakat dalam mempelajari tata cara pelaksanaan ibadah haji.

Kata kunci : virtual reality, manasik haji, simulasi, 3D.

References


Arya, B.P., Kurniawan, A.P., dan Sanjaya, R., 2015, Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity 3D, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Azmi, F., 2013, Virtual Reality, http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel-Jurnal/Inovasi-Dalam-Pendidikan/virtual-reality.html,diakses tanggal 17 Desember 2016.

Binanto, I., 2010, Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya, Andi Offset, Yogyakarta.

Pranowo, G., 2010, 3Ds Studio Max 2010 – Dasar dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Purnama, B.E., 2013, Konsep Dasar Multimedia, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Rasjid, 2010, Fiqh Islam (Hukum Fiqih Lengkap), Sinar Baru Algensindo, Bandung.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v16i1.7014

ISSN: 2686-0546