Rancang Bangun Aplikasi Penyelesaian Puzzle 8 Angka Menggunakan Metode Hill Climbing

Hindayati Mustafidah, Bangkit Nurdiyansah

Abstract


Puzzle 8 adalah sebuah permainan dimana terdapat sembilan kotak angka yang diacak, yang harus disusun kembali ke posisi yang benar dan terurut. Hill Climbing merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permainan puzzle 8, dimana dalam metode Hill Climbing terdapat sebuah fungsi yang dinamakan fungsi heuristic. Heuristic adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian. Fungsi heuristic yang digunakan adalah dengan melihat banyaknya kotak pada posisi yang benar dan total keseluruhan jarak dari kotak yang berada ditempat yang benar untuk mencapai posisi yg benar atau disebut dengan manhattan distance. Metode Hill Climbing berfungsi sebagai pemberi solusi pergerakan dalam permainan puzzle 8, yang diharapkan solusi yang diberikan mampu mempercepat proses penyelesaian permainan puzzle 8.

Kata-kata Kunci : puzzle, metode Hill Climbing, heuristic, manhattan distance


References


Emanuel, A.W.R., Witono, T., Handaya, W.B.T., 2008, Cara Praktis Membangun Situs e-Learning dengan Teknologi Open Source, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Jokodo, 2011, Game Puzzle Number, Universitas Guna dharma, Jakarta.

Kadir, A., 2001, Dasar Penggunaan Web Dinamis dengan PHP, ANDI, Yogyakarta.

Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelegence, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kusumadewi, S., dan Purnomo, H., 2005, Penyelesaian Masalah Optimasi dengan Teknik-Teknik Heuristik, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Utomo, P, A., 2008, Membangun Aplikasi PHP dan AJAX Tanpa Mengenal Script, ANDI, Yogyakarta.

Yuliana., Ananda., Surya, I., 2012, Implementasi Algoritma A Star pada Pemecahan Puzzle 8, Jurnal Teknik Informatika,Vol. 1, Halaman 1-9.

Zakiah, A., 2012, Penyelesaian Masalah 8 Puzzle dengan Algoritma Hill Climbing Stepest Ascent Loglist Heuristik Berbasis Java, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, ISSN: 2089-9815, Yogyakarta, 10 Maret 2012.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v16i1.7017

ISSN: 2686-0546