Analisis Peran Orang Tua Siswa dalam Pelaksanaan Program Career Day

Santi Widia Lestari, Sri Harmianto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pelaksanaan program Career Day yang melibatkan peran orang tua peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran orang tua dalam pelaksanaan program Career Day; mengetahui peran orang tua terhadap perencanaan karir peserta didik; serta mengetahui saran dan pendapat orang tua terhadap pelaksanaan program Career Day. Subjek penelitian ini adalah SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa peran orang tua peserta didik dalam pelaksanaan program Career Day adalah sebagai pemateri yang memberikan gambaran mengenai pekerjaannya. Peran orang tua terhadap perencanaan karir adalah memberikan berbagai informasi karir dan mendukung seluruh kegiatan yang menunjang peningkatan potensi peserta didik. Orang tua peserta didik berpendapat bahwa pelaksanaan program Career Day perlu diperbaiki di kemudian hari.


Keywords


Peran; Orang Tua; Career Day

References


Aryani, F., & Bakhtiar, M. I. (2018). Career Day Bagi Siswa Dan Guru SMA Bimbingan Konseling Kabupaten Sidrap. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–17.

Asrofi, M. (2020). Menumbuhkan Literasi Keuangan Melalui Progam Market Day di SDIT Lukman Al- Hakim Internasional. An-Nur Jurnal Studi Islam, 10(2), 185–208.

Budianto, A., Zachrani, E. N., Lestari, N. I., Zikri, H. M., & Paryati. (2021). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Anak-Anak Kp Kebayunan Rw 016 Kelurahan Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok). Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(5), 101–107.

Butarbutar, M., dkk. (2022). Metodologi Penelitian : Pendekatan Multidisipliner. Bandung : CV Media Sains Indonesia.

Kurniawan, B. C., Dahlan, S., & Andriyanto, R. E. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Pemilihan Karir Siswa Budi. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(1).

Rohmah, U. (2018). Bimbingan karir untuk peserta didik di sekolah dasar. Cendekia, 16(2), 261–282.

Rusmiyati, Mufrihah, A., & Erlinasari, N. (2021). Pengembangan Kerjasama Profesional Program Bimbingan dan Konseling. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(2), 114–127.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta CV.

Tiara, D. R. (2022). Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan Anak Usia Dini. Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i2.18315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660