Upaya Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.20600Keywords:
IPA, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Model Contextual Teaching and LearningAbstract
Penelitian Tindakan Kelas meneliti IPA dan bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian dilakukan pada dua siklus pada 27 peserta didik kelas V SD Negeri Dukuhbenda 01. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan angket sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar IPA peserta didik dalam siklus I termasuk kriteria baik, dengan rata-rata skor 2,80. Pada siklus II, motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 3,20, dengan kriteria baik sekali. Penelitian ini juga menunjukan peningkatan pada prestasi belajar peserta didik, dimana pada siklus I persentase ketuntasan berada pada 68,85% dengan kriteria baik dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II persentase ketuntasan menjadi 94,37% dengan kriteria baik sekali. Hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada pelajaran IPA.
References
Arafat, A. N.I. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Ngraho Kedungtuban Blora. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol 5 Nomor 1. Hal 66-78.
Asmoro, B. P. & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas VA Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol 2 Nomor 1. Hal 115-142.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182
Johnson, E.B. (2011). Contextual Teaching And Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengasyikan Dan Bermakna. Bandung: Kaifa Lerning
Laras, S.A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah(E-Plus), 4(2)
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. [Online] Vol 4 Nomor 1. Hal 149–157.
Priyono. (2021). Senangnya Belajar IPA Melalui Contextual Teaching and Learning Hubungan Antara Gaya dan Gerak. Surakarta: Unisri Press
Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pendagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2)
Rosyid, M.Z. dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Dan Profesi Pendidik Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA. Dalam International Journal of Elementary Education. [Online]. Vol 3 Nomor 4. Hal 389–395.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.