Upaya Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Nabilatun Nisa, Karma Iswasta Eka

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas meneliti IPA dan bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian dilakukan pada dua siklus pada 27 peserta didik kelas V SD Negeri Dukuhbenda 01. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan angket sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar IPA peserta didik dalam siklus I termasuk kriteria baik, dengan rata-rata skor 2,80. Pada siklus II, motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 3,20, dengan kriteria baik sekali. Penelitian ini juga menunjukan peningkatan pada prestasi belajar peserta didik, dimana pada siklus I persentase ketuntasan berada pada 68,85% dengan kriteria baik dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II persentase ketuntasan menjadi 94,37% dengan kriteria baik sekali. Hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada pelajaran IPA.


Keywords


IPA; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Model Contextual Teaching and Learning

References


Arafat, A. N.I. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Ngraho Kedungtuban Blora. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol 5 Nomor 1. Hal 66-78.

Asmoro, B. P. & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas VA Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol 2 Nomor 1. Hal 115-142.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182

Johnson, E.B. (2011). Contextual Teaching And Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengasyikan Dan Bermakna. Bandung: Kaifa Lerning

Laras, S.A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah(E-Plus), 4(2)

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. [Online] Vol 4 Nomor 1. Hal 149–157.

Priyono. (2021). Senangnya Belajar IPA Melalui Contextual Teaching and Learning Hubungan Antara Gaya dan Gerak. Surakarta: Unisri Press

Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pendagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2)

Rosyid, M.Z. dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Dan Profesi Pendidik Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA. Dalam International Journal of Elementary Education. [Online]. Vol 3 Nomor 4. Hal 389–395.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i2.20600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660