Implementasi Layanan Inklusi Anak Tuna Rungu SLB Negri Ogan Ilir

Nadya Yulianda Santi, Tamara Saputri, Triyanti Hasmita Sari, Septi Nurjannah Al Furqonia, Christima Adelyne, Yuni Dwi Suryani, Lia Dwi Ayu Pagarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan agar bisa mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi layanan inklusi anak tuna rungu di SLBN Ogan Ilir. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara, serta analisis data untuk menghubungkan permasalahan dengan konsep teoritis yang relevan. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi layanan inklusi anak berkebutuhan khusus di SLBN Ogan Ilir berfokus pada pengembangan komunikasi melalui media praga seperti kartu huruf, poster, dan bahasa isyarat, memungkinkan partisipasi anak tunarungu dalam pembelajaran. Program tersebut berperan dalam mengurangi keterlambatan belajar anak tunarungu dengan memanfaatkan indera penglihatan dan intelektual sebagai kompensasi dari kekurangan pendengaran yang mereka alami.


Keywords


Layanan; Inklusi; Sekolah Luar Biasa (SLB); Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

References


Alasim, K. (2019). Inclusion Programmes for Students Who are Deaf and Hard of Hearing in Saudi Arabia: Issues and Recommendations. International Journal of Disability, Development and Education, 00(00), 1–21.

Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi dan implementasi pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar sumatera barat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145-153.

Dayani, S., Wahyuni, S., & Aliyah, S. (2023). Implementasi Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLBN Widi Asih. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(2), 223-235

Putri, S. S., Supena, A., & Yatimah, D. (2019). Dukungan social orang tua anak tunarungu usia 11 tahun di SDN Perwira Kota Bogor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.29210/120192318

Supriyanto, S. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspiras Manajemen Pendidikan, 8(3), 167-177.

Wehmeyer, M. L., Turnbull, H. R., Turnbull, A., & Shogren, K. A. (2020). Exceptional Lives: Practice, Progress, & Dignity in Today’s Schools, 9th edition (9th editio).

Apriani, I., Dayani, S., Wahyuni, S., & Aliyah, S. (2023). Implementasi Layanan Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB Widi Asih. Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(2), 218–228. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v2i2.223

Supena, A., & Muskania, R. T. (2020). Implementasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar Inklusi Bagi Tunarungu Selama Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 202. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a9.2020


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i2.21831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660