KARAKTERISTIK IBU (USIA, PARITAS, PENDIDIKAN) DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III

Evi Rinata, Gita Ayu Andayani

Abstract


Latar Belakang: Kehamilan dapat menjadi sumber stressor kecemasan, terutama pada kehamilan trimester III. Berdasarkan penelitian menunjukkan sebagian besar (70,3%) ibu hamil trimester III mengalami kecemasan

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, paritas, pendidikan, dan dukungan keluarga atau suami dengan kecemasan pada ibu hamil trimester III.

Metode: Desain penelitian ini survei analitik dengan pendekatan cross sectional, populasinya seluruh ibu hamil trimester III, sampelnya seluruh ibu hamil trimester III yang memenuhi kriteria yaitu berjumlah 56 ibu, pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling secara accidental sampling menggunakan kuesioner. Pengukuran tingkat kecemasan menggunakan skala HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale).

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar ibu hamil memiliki usia tidak beresiko, paritas multigravida, berpendidikan SMA/SMK, mendapatkan dukungan dari keluarga, dan tidak mengalami kecemasan. Ada hubungan usia dengan kecemasan (p<0,01), ada hubungan paritas dengan kecemasan (p<0,01),  ada hubungan pendidikan dengan kecemasan (p<0,01), ada hubungan dukungan keluarga dengan kecemasan (p<0,01).

Kesimpulan: Ada hubungan antara usia, paritas, pendidikan, dan dukungan keluarga dengan kecemasan ibu hamil trimester III.

Keywords


Dukungan Keluarga, Kecemasan Ibu Hamil, Paritas, Pendidikan, Usia

Full Text: PDF

ISSN: 2621-2366