Urgensi Sertifikasi Halal Pada Etika Produksi

Authors

  • Nuzulia Nuzulia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga
  • Roisatun Khasanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.30595/islamadina.v24i1.10816

Keywords:

Etika, Produksi, Sertifikasi Halal

Abstract

Produksi merupakan kegiatan ekonomi untuk menghasilkan barang dan jasa. Kegiatan produksi dilakukan dengan memperhatikan etika-etika yang tidak terlepas dari nilai moral dan prinsip-prinsip Islam. Salah satu etika produksi yang perlu diperhatikan yaitu dengan memproduksi barang dan jasa yang halal. Kehalalan suatu produk bukan hanya dijelaskan di dalam Al-Qur’an dan hadist namun juga ditegaskan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI melalui sertifikasi halal. Serifikasi halal merupakan fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syariaht Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan melakukan pengumpulan berbagai data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah data tersebut sebagai bahan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi urgensi sertifikasi halal pada etika produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sertifikasi halal pada etika produksi sangat diperlukan dan penting bagi produsen dikarenakan adanya sertifikasi halal mampu mematuhi aturan syariah yang dituangkan dalam Al-Qur’an dan Hadist; membantu konsumen mengidentifikasi produk yang sesuai dengan prinsip syariah yang dituangkan dalam Undang-Undang; memberikan jaminan keamanan kepada konsumen serta memberikan keuntungan kepada pelaku produksi.

Author Biography

Nuzulia Nuzulia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga

Departemen Ekonomi Syariah

References

Arifin, Nur Rachman. Muhtadi, Ridan. Herianingrum, Sri. Small And Medium Enterprise Preception Of Halal Certification Post Formalization Of Islamic City Branding. IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics) 601 Vol. 4 No. 1 March 2019. E-ISSN: 2502-0633, P-ISSN: 2502-4647

Assauri, Sofyan. (1980). Manajemen Produksi. Jakarta: Penerbit FE-UI

Caskie, P. and Davis, J. 2001. The emerging food-safety industry in Russia. European Business Review, Vol. 13 No. 6, pp. 365-72.

Cheng, P.L.K. 2008. The brand marketing of halal products: the way forward. The Icfai University Journal of Brand Management. Vol. 5 No. 4, pp. 37-50.

Farhat, K., Aslam, W. and Sanuri, B.M.M.S. 2019. Predicting the intention of generation M to choose family takaful and the role of halal certification. Journal of Islamic Marketing, Vol. 10 No. 3, pp. 724-742

Hazair, H.P.D. 2007. More trade than getting halal seal. The Brunei Times, 21 August, p. 13.

Ismaeel, M. and Blaim, K. 2012. Toward applied Islamic business ethics: responsible halal business. Journal of Management Development, Vol. 31 No. 10, pp. 1090-1100.

Janus Sidabalok. 2014. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti,

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 Hasil Kajian Analisis Ekonomi Syariah di Indonesia. PT Zahir Syariah Indonesia, Jakarta.

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan kosmetika Majelis Ulama Indonesia, Panduan Umum Sistem Jaminan Halal LPPOM-MUI, Jakarta.

Ma'luf, L. 1986. al-Munjid Lughah wa alA’lam. Beirut: Dar al Masyariq.

M. Nur Rianto Al Arif. 2015. Pengantar Ekonomi Syariah, Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Muatasim Ismaeel, Katharina Blaim. 2012. Toward applied Islamic business ethics: responsible halal business. Journal of Management Development, Vol. 31 Issue: 10, pp.1090-1100, https:// doi.org/10.1108/02621711211281889

Marzuki, S.Z., Hall, C.M. and Ballantine, P.W. 2012. Restaurant managers’ perspectives on halal certification. Journal of Islamic Marketing, Vol. 3 No. 1, pp. 47-58.

Noordin, N., Noor, N.L., Hashim, M. and Samicho, Z. 2009. Value Chain of Halal Certification System: A Case of the Malaysia Halal Industry. European and Mediterranean Conference on Information Systems, Izmir.

Shata, Hussain. 1999. Business Ethics In Islam. Egypt: al-Falah Foundation.

Suminto, Ahmad. 2020. Etika Kegiatan Produksi: Perspektif Etika Bisnis Islam. Islamic Economics Journal. Vol. 6, No. 1 Juni 2020.

Yusuf, Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Wilson, J.A.J. 2013. The halal value system, in Changing World, New Relationships [report] 9th World Islamic Economic Forum (WIEF). Pricewaterhouse Coopers (PwC) Malaysia”, pp. 68-72, available at: http://read.pwc.com/i/190845/68

Wilson, J.A.J. and Liu, J. 2011. The challenges of Islamic branding: navigating emotions and halal. Journal of Islamic Marketing, Vol. 2 No. 1, pp. 28-42.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Nuzulia, N., & Khasanah, R. (2023). Urgensi Sertifikasi Halal Pada Etika Produksi. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 24(1), 159–177. https://doi.org/10.30595/islamadina.v24i1.10816

Issue

Section

Artikel