Pemikiran Thomas S. Kuhn Teori Revolusi Paradigma

Ulfa Kesuma, Ahmad Wahyu Hidayat

Abstract


Tulisan ini menguraikan tentang sketsa biografi dan pemikiran Thomas Khun yang dikenal dengan jargon “revolusi ilmiah”. Menurut Khun revolusi ilmiah adalah suatu teori tentang sains yang ditemukan pada satu objek dan akan terus-menerus berubah dan berkembang. Penulis menggunakan metode kepustakaan “Library Research” dan studi analisis, studi analitis yang digunakan adalah analitis historis dan analitis dokumen tentang pemikiran Thomas S Khun. Kesimpulannya bahwa Thomas Samuel Khun yang sering dipangil akrab dengan Khun memiliki banyak karya salah satunya adalah The Structure of Scientific Revolution yang di dalamnya terdapat tentang sejarah dan filsafat ilmu pengetahuan. Khun juga mengkritik teori Positifisme Auguste Comte dan Falsifikasi Karl Popper. Menurutnya, baik Auguste Comte dan Popper terlalu sibuk dengan penyelesaian teka-teki saja dan melupakan aspek penting dalam ilmu pengetahuan, yaitu paradigma. Pendapat Khun tentang paradigma yaitu suatu pendekatan investigasi suatu objek atau titik awal mengungkapkan point of view, formulasi suatu teori, mendesign pertanyaan atau refleksi yang sederhana. Akhirnya paradigma dapat di formulasikan sebagai keseluruhan sistem kepercayaan, nilai dan teknik yang digunakan bersama oleh kelompok komunitas ilmiah. Istilah “paradigma” menjadi titik tekan dalam epistimologi Thomas Khun ialah pada perkembangan ilmu secara revolusioner, dalam artian bahwa paradigma yang lama akan berkembang dengan paradigma yang baru agar mencapai suatu kebenaran yang ilmiah.


Keywords


Thomas S Khun; Paradigma; Revolusioner

References


Abdillah, M. (2003). Dialektika Hukum Islam dan Perubahan Sosial: Sebuah Refleksi Sosiologis atas Pemikiran Ibn Qayyim al-Jauziyyah. Surakarta: Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Abdullah, A. (1996). Studi Agama: Normativitas atau Historisitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abid, I. U. dan N. (2015). Pemikiran Thomas Kuhn Dan Relevansinya Terhadap Keilmuan Islam. Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, 3(2), 249–276.

Acikgence, A. (1996). “The Framework for A history of Islamic Philosophy.” Al-Shajarah, Journal of The International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC), 1(1–6), 1–15.

Almas, A. F. (2018). Sumbangan Paradigma Thomas S. Kuhn dalam Ilmu Dan Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learning dan Discovery Learning). Jurnal At-Tarbawi, 3(1), 89–106.

Bakhtiar, A. (2010). Filsafat Agama. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Drønen, T. S. (2006). Scientific revolution and religious conversion: A closer look at Thomas Kuhn’s theory of paradigm-shift. Method and Theory in the Study of Religion, 18(3), 232–253. https://doi.org/10.1163/157006806778553561

Hasbullah, M. (2000). Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Pustaka Cidesindo.

Heilbron, B. J. L. (1998). Thomas. isis, 89(1), 505–515.

Heriyanto, H. (2003). Paradigma holistik Dialog Filsafat, Sains, dan Kehidupan Menurut Shadra dan Whitehead. Jakarta: Teraju.

Hollinger, D. A. (1973). T. S. Kuhn’s Theory of Science and Its Implications for History. The American Historical Review, 78(2), 370. https://doi.org/10.2307/1861173

Jena, Y. (2012). Thomas Kuhn Tentang Perkembangan Sains Dan Kritik Larry Laudan. Jurnal Melintas, Department of Ethics/Philosophy, Atma Jaya Catholic University Jakarta, Indonesia, 28(2), 161–181.

Kuhn, Thomas S. (1962). Structure of Scientific Revolutions - Kuhn,Ts. university Of Chicago.

Kuhn, Thomas S. (1976). Theory-change as structure-change: Comments on the sneed formalism. Erkenntnis, 10(2), 179–199. https://doi.org/10.1007/BF00204969

Kuhn, Thomas S. (1962). The Structure of Scientific Revolution. Leiden: Instituut Voor Theoretische Biologie.

Kuhn, Thomas Samuel. (2002). The Structure of Scientific Revolutions Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lubis, A. Y. (2015). Filsafat Ilmu: Klasik Hingga Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Madjid, N. (1999). “Masalah Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi Umum,” dalam Fuaduddin&Cik Hasan Bisri (ed.), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Madkoer, I. (1986). Filsafat Islam dan Reneissance Eropa terjemahan Ahmad Tafsir. Bandung: Pustaka.

Meyers, N., Glick, A. F., Mendelsohn, A. L., Parker, R. M., Sanders, L. M., Wolf, M. S., … Yin, H. S. (2020). Parents’ Use of Technologies for Health Management: A Health Literacy Perspective. Academic Pediatrics. https://doi.org/10.1016/j.acap.2019.01.008

Munir, R. M. & M. (2004). Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Murabbi, A. (2014). Revolusi Ilmiah Thomas Samuel Khun (1922-1996) Dan Relevansinya Bagi Kajian Keislaman. Jurnal Mu’ammar Zayn Qadafy, 1(1), 47–59.

Muslih, M. (2016). Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: LESFI.

Nurkhalis. (2012). “Konstruksi Teori Paradigma Thomas S. Khun.” Jurnal Ushuluddin, Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry, XI(2), 83.

Orman, T. F. (2016). “Paradigm as a Central Concept in Thomas Kuhn’s Thought.” International Journal of Humanities and Social Science, 6(10), 47–52.

Patton, M. Q. (1990). Qualitative Evaluation and Research Methods (Second). Sage: Newbury Park.

Percival, W. K. (2013). THE APPLICABILITY OF KUHN’S PARADIGMS TO THE HISTORY OF LINGUISTICS. Linguistic Society of America, 52(2), 285–294.

Putra, A. (2015). Epistemologi Revolusi Ilmiah Thomas Khun dan Releveansinya Bagi Studi Al-Qur’an. Jurnal Refleksi, 15(1), 1–15.

Rahman, F. (1987). Neo Modernisme Islam. Bandung: Mizan.

Restivo, S. (2015). THE KUHNIAN REVOLUTION. Wiley, 1(1983), 293–305.

Ritzer, G. (2004). Sosiologi Pengetahuan Berparadigma Ganda, terj. Alimandan (cet. 5). Jakarta: Rajawali Press.

Riyanto, W. F. (2011). Filsafat Ilmu Integral (FIT). Yogyakarta: Integrasi Interkoneksi Press.

Sabila, N. A. (2019). Paradigma dan Revolusi Ilmiah Thomas S. Kuhn (Aspek Sosiologis, Antropologis, dan Historis dari Ilmu Pengetahuan). Jurnal Zawiyah Pemikiran Islam, 5(1), 80–97.

Saefuddin, A. M. (1991). “Pembaharuan Pemikiran Islam: Sebuah Pengantar,” dalam Percakapan Cendekiawan tentang Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.

Sardar, Zianuddin. (2002). Thomas Kuhn dan Perang Ilmu. Yogyakarta: Penerbit Jendela.

Sardar, Ziauddin. (2002). Thomas Kuhn dan Perang Ilmu. Yogyakarta: Jendela.

Spruiell, V. (1983). Kuhn’s “paradigm” and psychoanalysis. Psychoanalytic Quarterly, 52(3), 353–363. https://doi.org/10.1080/21674086.1983.11927036

Stanfield, R. (1974). Kuhnian Scientific Revolutions and the Keynesian Revolution. Journal of Economic Issues, 8(1), 97–109. https://doi.org/10.1080/00213624.1974.11503164

Syaodih, N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Upe, D. A. (2010). Asas-Asas Multiple Researches: Dari Nornam K.Denzim hingga John W. Creswell dan Penerapannya. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Urry, J. (1973). Thomas S. Kuhn as Sociologist of Knowledge. The British Journal of Sociology, 24(4), 462. https://doi.org/10.2307/589735

Wade, N. (1977). Thomas S. Kuhn: Revolutionary theorist of science. Science, 197(4299), 143–145. https://doi.org/10.1126/science.197.4299.143

Walker, T. C. (2010). The perils of paradigm mentalities: Revisiting Kuhn, Lakatos, and Popper. Perspectives on Politics, 8(2), 433–451. https://doi.org/10.1017/S1537592710001180

Watloly, A. (2001). Tanggung Jawab Pengetahuan: Mempertimbangkan Epistemologi secara Kultural. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Zubaedi, D. (2007). Filsafat Barat: dari Logika Baru Rene Descartes hingga Revolusi Sains ala Thomas Kuhn. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/islamadina.v0i0.6043

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2580-5096