Pengoptimalan Pemasaran Melalui Media Digital pada Usaha Homemade Produh Organik di Desa Padangsambian Klod

Luh Komang Anita Subawa Putri, I Gusti Ngurah Widya Hadi Saputra

Abstract


Pandemi Covid-19 memiliki dampak besar terhadap segala aspek dan sektor di kehidupan masyarakat terutama pada sektor ekonomi. Banyak masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 ini seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan, kemudian mereka beralih membuka usaha sendiri untuk melangsungkan kehidupannya. Salah satunya Di Desa Padangsambian Klod, Denpasar Barat terdapat usaha homemade produk organik berupa masker wajah, sabun, dan lilin aromaterapi. Dizaman sekarang, penggunaan media digital sebagai tempat penjualan masih belum optimal pada usaha ini. Menyebabkan terjadinya kendala pada pemasaran produk. Dengan hal tersebut mendorong penulis untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagaimana pengoptimalan pengelolaan pemasaran melalui media digital. Metode yang dilakukan yaitu memberikan pengetahuan, edukasi, dan pemahaman serta pendampingan tentang pemasaran pada media digital. Dari kegiatan tersebut dapat memperoleh hasil peningkatan pemasaran melalui media digital yang dapat meningkatkan keuntungan penjualan bagi usaha.


Keywords


Media Digital; Pemasaran; Usaha Homemade

References


Ahmadi, Candra dan Dadang Hermawan. 2013. E-Business & E-commerce. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Dedy Harto, Sulistya Rini Pratiwi, Mohamad Nur Utomo, Meylin Rahmawati. 2019. Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 3.

Dhini Ardianti, Winne Wardiani, Latifah Adnani. 2018. PKM Pemasaran Online Pada Usaha Sabun Herbal di Kota Bandung. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.

Fitri Kurniasari, Nila Darmayanti, Santi Dwi Astuti. 2017. Pemanfaatan Aromaterapi Pada Berbagai Produk (Parfum Solid, Lipbalm, dan Lilin Anti Nyamuk). Dimas Budi : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol.1.

Maulidasari, Cut Devi dan Rusma Setiyani. 2020. Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar.

Nasrullah, Dede Hidayatullah, Achmad Unggul WP, Satria ., 2016. Pendampingan E- Commerce dan Pendidikan di Cerme Kecamatan Ngimbang Lamongan. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1.

Zainal Abidin Achmad, Thareq Zendo Azhari, Wildan Naufal Esfandiar, Nafila Nuryaningrum, Anisah Farah Dhilah Syifana, Indah Cahyaningrum. 2020. Pemanfataan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 10.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.10076

Copyright (c) 2023 Luh Komang Anita Subawa Putri, I Gusti Ngurah Widya Hadi Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347