Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif untuk Peningkatan Keterampilan Guru Anak Usia Dini

Chusnul Khotimah Galatea, Widya Oktarini, Ika Priantari, Khusnul Hotimatus Agsutina

Abstract


Selama masa pandemi, pemerintah menetapkan kegiatan belajar yang seyogyanya berada di sekolah dipindah ke rumah. Maka, semua sekolah melakukan kegiatan pembelajaran secara daring dan luring. Sama seperti sekolah lainnya, TK ABA juga melakukan pembelajaran secara luring dan daring. Secara luring, dilakukan dengan orang tua siswa yang mengambil materi untuk belajar per pekannya, sedangkan secara daring, guru hanya menggunakan tutorial pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kinemaster, padahal pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan power point yang bisa membuat animasi dan audio yang menarik bagi anak TK. Berdasarkan hal ini, dapat disimpulkan bahwa guru di TK ABA belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Dengan demikian, pengabdian mengenai pelatihan media pembelajaran interaktif ini dirasa perlu untuk dilakukan guna meningkatkan kompetensi guru di TK ABA. Uraian pelaksanaan pelatihan penggunaan media pembelajaran interaktif terdiri atas: (1) pelatihan pemanfaatan power point sebagai media pembelajaran interaktif anak usia dini yang fokus pada literasi numerasi dan literasi baca. (2) pelatihan merancang media pembelajaran interaktif anak usia dini menggunakan power point. (3) peningkatan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran anak usia dini melalui pembelajaran interaktif berbasis power point. Adapun target luaran yang akan dihasilkan dari pelaksanaan PKMS ini, yaitu: jurnal nasional terakreditasi, artikel koran, dan hak cipta.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; Literasi Baca; Literasi Numerasi; Anak Usia Dini

References


Fathurrohman, Muhammad. Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Garudawacha, 2017.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Powerpoint Ispring Pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang, Dan Trapesium Di Kelas VII SMP. Suprapti, Endang. 2016, Journal of Mathematics Education, Science and Technology, pp. 1 (1), 57 – 68.

Yusfita Yusuf, dkk. Call For Book Tema 3 (Media Pembelajaran). Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2020.

Ektivitas Model Pembelajaran Open Ended Dengan Media Power Point Pada Materi Lingkaran dan Bangun Ruang Kubus dan Balok. Suminto. 2016, Jurnal e-DuMath, pp. 2 (1), 28-37.

Wibawanto, Wandah. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif, 2017.

Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jailani. s.l.: Jurnal Pendidikan Islam, 2014, Vols. 8, no 2.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Ariyanti, Tatik. s.l.: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2016, Vols. VIII, no 1.

Animasi Pembelajaran Interaktif untuk Anak 4-5 Tahun Berbasis Android. Amrullah and Mulyoto, Ari. s.l.: Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2016, Vols. 1, no 2.

Gandana, Gilar. Literasi ICT Media & Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi, 2019.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT: Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana, 2017.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v6i2.10347

Copyright (c) 2022 Chusnul Khotimah Galatea, Widya Oktarini, Ika Priantari, Khusnul Hotimatus Agsutina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347