Peningkatan Literasi Media Konvergensi Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Yayasan Sosial Diyaul Hag Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.11172Keywords:
Literasi, Konvrgensi Media, Berbasis Riset, Diyatul Hag SurabayaAbstract
Artikel ini menggambarkan program pengabdian masyarakat dari kegiatan kuliah kerja lapangan berbasis riset.. Subyek dari pengabdian masyarakat ini adalah Yayasan sosial diyaul haq terletak di Jalan Bulak Banteng Lor Bhineka 8 No.3, Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Kegiatan kuliah kerja lapangan ini diawali dengan riset lapangan . Subjek dan objek penelitian adalah seluruh pembina yayasan diyaul haq dan anak binaan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih oleh penulis karena penulis ingin memfokuskan penelitian pada prinsip-prinsip umum yang mendasari perwujudan sebuah makna dari gejala-gejala yang ada di masyarakat dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi. Salah satu Yayasan lingkup perkumpulan orang yang berguna bagi masyarakat harus bisa mengimbangi dan mengajarkan hal yang positif disekitarnya, Yayasan Diyaul Haq merupakan salah satu Program pengabdian masyarakat dengan mengangkat tema “Peningkatan Pemahaman Teknologi Informasi Media Konvergensi Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat Di Yayasan Sosial Diyaul Hag Surabaya” dengan tujuan untuk memahami teknologi informasi di bidang media agar kedepanya bisa bermanfaat bagi Yayasan maupun lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil dan pembahasan terhadap “program peningkatan” dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan yayasan dan anak didik yayasan tentang pentingnya memahami komunikasi new media di era sekarang. Kegiatan ini pula memberikan skill tambahan terhadap yayasan untuk dapat lebih professional melaporkan kegiatan kepada donatur secara menarik.
References
Castells, M. (2010). The Rise of the Network Society. Massachusetts: Blackwell Publishing. https://doi.org/10.2307/1252090
Faradisa, I. S., & Wahyani, W. (2021). Pelatihan Pengisian Konten Website bagi Karang Taruna di Lingkungan Kelurahan Kauman. Prapanca: Jurnal Abdimas, 1(1), 69–76.
Flick, U. (2015). Introducing research methodology: A beginner’s guide to doing a research project.
Ida, R. (2014). Metode Penelitian: Studi Media dan Kajian Budaya. Kencana.
Jenkins, H. (2004). The cultural logic of media convergence. International Journal of Cultural Studies, 7(1), 33–43.
Kristiyono, J. (2017). BUDAYA INTERNET: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PENGGUNAAN MEDIA DI MASYARAKAT. Scriptura. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30
Lugmayr, A., & Dal Zotto, C. (2015). Media Convergence Handbook-Vol. 1 & 2. Springer.
Lusianai, W. O., Surimi, L., Nurfikria, I., Jabar, A. S., Idrus, S. H., & Amin, H. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pengisian Konten Kelas Virtual Berbasis Web Blog. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 221–230.
Nurhayati, S., Wahyuningsih, T., Alim, C. N., Khristianto, K., Pujiyatno, A., & Rakhmawati, F. (2021). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Daring untuk Guru Taman Kanak-Kanak. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 49–54.
Sakti, E. M. S., Suryani, F., Sari, Y., Suhandono, E., & Suwarno, M. A. (2020). Tatanan Normal Baru di Masa Pandemic Covid-19 Dengan Literasi Digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.