Optimalisasi Keterlibatan Keluarga dalam Kelas Ibu Hamil dalam Mewujudkan Bumil Sehat Cegah Stunting
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i2.21316Keywords:
Kelas Ibu Hamil, Keluarga, StuntingAbstract
Malnutrisi di Indonesia merupakan masalah kesehatan yang belum dapat terpecahkan oleh pemerintah. Pada tahun 2022 kasus stunting di kabupaten Bangkalan berada di posisi ke 6 terendah angka kejadian stunting yaitu 4,29%. Capaian Jawa Timur untuk stunting sebesar 7,51%, yang berada di atas target indikator program gizi dan KIA untuk stunting tahun 2023 sebesar 18,4%. Kelas ibu hamil merupakan tempat untuk belajar bersama bagi ibu hamil tentang kesehatan. Adapun tujuan pengabdian masyarakat mengoptimalkan keterlibatan keluarga dalam kelas ibu hamil sehingga ibu hamil sehat bayi akan dilahirkannya nantinya sehat dan dijauhkan dari stunting. Metode Pengabdian masyarakat menggunakan keikutsertaan ibu hamil dan keluarga dalam kelas ibu hamil. Populasi pengabdian masyarakat ialah 10 ibu dan keluarga yang ada diwilayah Polindes Berbeluk. Pengabdian masyarakat dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 28 September s/d 25 Oktober 2023. Kegiatan kelas ibu hamil dilaksanakan di polindes berbeluk sesuai dengan panduan pelaksanaan kelas ibu hamil yaitu 4x pertemuan dengan hasil pengetahuan ibu hamil dan keluarga tentang kesehatannya meningkat. Kegiatan pengabdian masyarakat terlaksana lancar dan berharap dengan kegiatan ini keluarga dapat memperhatikan Kesehatan ibu hamil, ibu hamil menjadi sehat sehingga kejadian stunting dapat dicegah.
References
Abdul Muhith, Arief Fardiansyah, Asih Media Y, Y. L. (2017). Pelaksanaan kelas ibu hamil sebagai upaya penegtahuan ibu, keluarga dan kader dalam deteksi dini resiko tinggi ibu hamil di wilayah kerja puskesmas Sambeng Kabupaten Lamongan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp
Dinkes, J. (2023). profil kesehatan propinsi jawa timur tahun 2022.
Handayani, R. N. (2024). Optimalisasi Kesehatan Melalui Kegiatan Kelas Ibu Hamil Tintin. 3(2), 104–113. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia
Ida, A. S. (2021). Pengaruh Edukasi Kelas Ibu Hamil Terhadap Kemampuan Dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 345–350. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/561
Kemenkes. (2020). Pedoman Bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas, Dan Bayi Baru Lahir. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Ri 2020, 36.
Kemenkes RI. (2014). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Kemenkes RI 2009-2011. In Kementrian Kesehatan RI (pp. 1–26). http://stikesyahoedsmg.ac.id/web/media/ebookbidan/Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil.pdf
Nita, E. S. (2023). Hubungan Pendidikan dan Paritas dengan Keikutsertaan Ibu Hamil dalam Kelas Yoga di Desa Kalipang Kabupaten Kediri. 4(1), 2021–2024. https://doi.org/10.47065/jharma.v4i1.3162
Norwidya Priansiska, F. S. W. H. (2023). Corelation Of Age And Parity Of Pregnant Mothers In Angka Kematian Bayi di Indonesia. 12(2), 437–444.
Oklaini, S. T., Neni, Rifda Sari, R. M., Nengsih, D. A., Apriyani, W., & BR Siregar, T. I. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Paritas Dengan Kunjungan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. Journal Of Midwifery, 10(2), 65–73. https://doi.org/10.37676/jm.v10i2.3256
Prambanan, P., Astari, S., Puspitawati, T., & Sahayati, S. (2023). Pengaruh Umur dan Paritas terhadap Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Prambanan, Yogyakarta. 10(02), 84–93.
Retnaningtyas, E., Retnoningsih, Kartikawati, E., Nuning, Sukemi, Nilawati, D., Nurfajri, & Denik. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Melalui Edukasi Mengenai Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 19–24. https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.552
Setiawati, I., & Firdaus, N. (2023). Kelas ibu hamil dapat mewujudkan kehamilan sehat untuk mencegah stunting. 2(2), 102–110.
Setiawati, I., Qomari, S. N., & Daniati, D. (2022). Kehamilan Di Desa Pamorah Utilization Pregnant Women Classes To Detect The Risk. x(x), 1–7.
Susanti, Sohimah, & Rosdiana, R. (2021). Hubungan Usia, Paritas, Dan Pendidikan Dengan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Trimester Iii Tentang Alat Kontrasepsi Iud Dan Implan Pasca Persalinan Di Puskesmas Cilacap Selatan 1 Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Bidkesmas Respati, 2(12), 20–26. http://ejurnal.stikesrespati-tsm.ac.id/index.php/bidkes/article/view/403
Yusmaharani, Y. (2019). Hubungan Dukungan Suami dengan Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.31539/jka.v1i2.586
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.