Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2589Keywords:
Kompetensi Profesional, Karya tulis IlmiahAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru MTs DDI Padanglampe, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, dalam bidang penulisan karya tulis ilmiah, khususnya artikel ilmiah untuk publikasi jurnal. Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan metode pelatihan. Pelatihan diberikan kepada 25 guru dan dilaksanakan dalam tiga tahapan, yakni tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Materi-materi pelatihan yang diberikan mencakup prinsip dasar penulisan karya ilmiah, karakteristik, langkah-langkah, sistematika karya tulis ilmiah, serta praktik penyusunan artikel ilmiah untuk publikasi jurnal. Pelatihan yang telah diberikan kepada guru MTs DDI Padanglampe menghasilkan artikel-artikel ilmiah yang layak untuk disubmit ke jurnal-jurnal. Selain itu, pelatihan ini mendapat respon yang sangat positif dari para guru, karena selama ini mereka masih kesulitan menyusun karya tulis ilmiah.
The purpose of this community service activity is to improve the professional competence of teachers of MTs DDI Padanglampe, Pangkep Regency, South Sulawesi Province, in the field of writing scientific papers, especially scientific articles for journal publications. Activities are carried out using training methods. Training was given to 25 teachers and implemented in three stages, namely preparation, implementation, and evaluation. The training materials provided cover the essence of writing scientific papers, characteristics, steps, systematic scientific papers, and the practice of writing scientific articles for journal publications. The training that has been given to Padanglampe MTs DDI teachers produces scientific articles that are ready to be submitted to journals. In addition, this training received a very positive response from the participants, because so far they still have difficulty in preparing scientific papers.
References
Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru-Guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal pengabdian pada masyarakat, 30 (3), 29-32.
Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Tematik Sains Menggunakan Inquiry Learning Process dan Science Activity Based Daily Life. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 29-35.
Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 158-163.
Mansyur, U. (2013) Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia SMP Peserta MGMP dan yang Bukan Peserta MGMP di Kabupaten Pinrang. Thesis: Universitas Negeri Makassar.
Mansyur, U. (2018). Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. INA-Rxiv, https://doi.org/10.31227/osf.io/fyr8g, Diakases 1 Mei 2018.
Mulyasa, E. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.