Pelatihan Literasi Menulis Esai Bagi Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Parepare

Authors

  • Yadi Arodhiskara Universitas Muhamamdiyah Parepare
  • Patahuddin Patahuddin Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Suherman Suherman Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Buhaerah Buhaerah Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Asram A.T. Jadda Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.3985

Keywords:

literasi, esai, karya tulis, pelatihan

Abstract

Lemahnya pemahaman tentang  karya tulis, misalnya esai dan karya ilmiah lainnya pada Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) di Kota Parepare merupakan  salah satu parameter kurangnya karya cipta AMM Kota Parepare. Sebagai organisasi kepemudaan, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) bertanggung-jawab untuk mewujudkan terciptanya Kader Bangsa, Kader Ummat dan Kader Persyarikatan yang memiliki wawasan intelektual dan berkompeten. Oleh kerana itu, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan kesadaran terhadap budaya literasi serta menghasilkan karya tulis. Kegiatan dilaksanakan di ruangan pertemuan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah (SMK) Kota Parepare (Sulawesi Selatan). Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pelatihan/workshop. Metode ceramah dilakukan untuk memberikan wawasan  pentingnya literasi. Diskusi dilakukan untuk mendalami permasalahan peserta.Pelatihan dilakukan untuk mengajarkan dan membimbing secara teknis membuat karya tulis esai atau karya ilmiah lainnya. Hasil kegiatan diperoleh 15 naskah esai yang layak dipublikasikan. Publikasi dilakukan dengan melibatkan penerbit UMPAR Press dengan judul buku “Kembali kepada Muhammadiyah”.

Author Biographies

Yadi Arodhiskara, Universitas Muhamamdiyah Parepare

Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Patahuddin Patahuddin, Universitas Muhammadiyah Parepare

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Suherman Suherman, Universitas Muhammadiyah Parepare

Program Studi Agroteknologi

Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan

Buhaerah Buhaerah, Institut Agama Islam Negeri Parepare

Program Studi Pendidikan Matematika

Asram A.T. Jadda, Universitas Muhammadiyah Parepare

Program Studi Ilmu Hukum
Fakultas Hukum

References

Akdiana, F. (2017). Dialog Buku di Dalam Kelas. https://www.kompasiana.com/46times/59de482c3f8bf444b27dff12/dialog-buku-di-dalam-kelas.

Arifin, A. S. (2016). Kecenderungan Global Pendidikan Tinggi dan Pergeseran Paradigma Reformasi Pendididikan Tinggi pada Institusi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(2), 135-154.

Daniel, G., (2006). Social Intelligence: The New Science of Human Relationships, New York : Bantam Books

Junia, A. V., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Tingkat Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Intensitas Penggunaan Media Sosial Di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 6(1), 21-29.

Karim, D. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Pakem) Terhadap Efektivitas Pembelajaran Teknik Dasar Service Bolavoli (Study pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(2).

Maftuh, B. (2010). Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Keterampilan Sosial dan Resolusi Konflik. Pidato pengukuhan jabatan guru besar dalam bidang pendidikan ilmu pengetahuan sosial pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia.

Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273-278.

Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).

Maryam, S. (2007). Pengembangan Kreativitas Berbahasa dalam Menulis Esai. Educationist, 1(2), 103-115.

Mulyati, T., & Frieda, N. R. H. (2019). Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri dan Jenis Kelamin pada Siswa SMA Mardisiswa Semarang. Empati, 7(4), 152-161.

Satini, R. (2014). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(1).

Sholeh, K. (2016). Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2 (2), 26-45

Trimantara, P., (2005). Metode sugesti-imajinasi dalam pembelajaran menulis dengan media lagu. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(4), 1-15.

Zahira, H. (2013). Pengaruh Pengunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Disertasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Downloads

Published

2020-03-16

How to Cite

Arodhiskara, Y., Patahuddin, P., Suherman, S., Buhaerah, B., & Jadda, A. A. (2020). Pelatihan Literasi Menulis Esai Bagi Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Parepare. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 69–74. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.3985

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.