Pelatihan Literasi Menulis Esai Bagi Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Parepare
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.3985Keywords:
literasi, esai, karya tulis, pelatihanAbstract
Lemahnya pemahaman tentang karya tulis, misalnya esai dan karya ilmiah lainnya pada Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) di Kota Parepare merupakan salah satu parameter kurangnya karya cipta AMM Kota Parepare. Sebagai organisasi kepemudaan, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) bertanggung-jawab untuk mewujudkan terciptanya Kader Bangsa, Kader Ummat dan Kader Persyarikatan yang memiliki wawasan intelektual dan berkompeten. Oleh kerana itu, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan kesadaran terhadap budaya literasi serta menghasilkan karya tulis. Kegiatan dilaksanakan di ruangan pertemuan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah (SMK) Kota Parepare (Sulawesi Selatan). Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pelatihan/workshop. Metode ceramah dilakukan untuk memberikan wawasan pentingnya literasi. Diskusi dilakukan untuk mendalami permasalahan peserta.Pelatihan dilakukan untuk mengajarkan dan membimbing secara teknis membuat karya tulis esai atau karya ilmiah lainnya. Hasil kegiatan diperoleh 15 naskah esai yang layak dipublikasikan. Publikasi dilakukan dengan melibatkan penerbit UMPAR Press dengan judul buku “Kembali kepada Muhammadiyah”.
References
Akdiana, F. (2017). Dialog Buku di Dalam Kelas. https://www.kompasiana.com/46times/59de482c3f8bf444b27dff12/dialog-buku-di-dalam-kelas.
Arifin, A. S. (2016). Kecenderungan Global Pendidikan Tinggi dan Pergeseran Paradigma Reformasi Pendididikan Tinggi pada Institusi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(2), 135-154.
Daniel, G., (2006). Social Intelligence: The New Science of Human Relationships, New York : Bantam Books
Junia, A. V., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Tingkat Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Intensitas Penggunaan Media Sosial Di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 6(1), 21-29.
Karim, D. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Pakem) Terhadap Efektivitas Pembelajaran Teknik Dasar Service Bolavoli (Study pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(2).
Maftuh, B. (2010). Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Keterampilan Sosial dan Resolusi Konflik. Pidato pengukuhan jabatan guru besar dalam bidang pendidikan ilmu pengetahuan sosial pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia.
Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273-278.
Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).
Maryam, S. (2007). Pengembangan Kreativitas Berbahasa dalam Menulis Esai. Educationist, 1(2), 103-115.
Mulyati, T., & Frieda, N. R. H. (2019). Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri dan Jenis Kelamin pada Siswa SMA Mardisiswa Semarang. Empati, 7(4), 152-161.
Satini, R. (2014). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(1).
Sholeh, K. (2016). Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2 (2), 26-45
Trimantara, P., (2005). Metode sugesti-imajinasi dalam pembelajaran menulis dengan media lagu. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(4), 1-15.
Zahira, H. (2013). Pengaruh Pengunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Disertasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.