Pendampingan Pembelajaran Microcontroller Berbasis Nuvoton di SMKN 2 Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6006Keywords:
Pembelajaran, Microcontroller, NuvotonAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pendampingan pembelajaran bagi guru – guru SMKN 2 Purwokerto. Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pengetahuan guru terkait microcontroller berbasis Nuvoton berdasarkan hasil survei yang dilakukan dengan cara wawancara . Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menambah pengetahuan terkait ilmu teknik elektro, khususnya tentang pembelajaran microcontroller. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan selama bulan oktober tahun 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 12 orang. Metode yang digunakan dalam pendampingan pembelajaran berbasis Nuvoton ini berupa ceramah, instalasi software pendukung, praktek langsung dan evaluasi pembelajaran. Ada 2 jenis evaluasi yang dilakukan yaitu memberikan project latihan dikelas berbasis Nuvoton dan kuesioner terkait materi yang disampaikan. Kuesioner dilaksanakan sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran berbasis Nuvoton. Hasil dari pendampingan pembelajaran yang telah dilakukan menunjukan bahwa adanya respon yang baik dari peserta pelatihan. Nilai evaluasi pretest sebesar 23,75%, sedangkan nilai postest sebesar 73%. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah dilakukan pendampingan pembelajaran berbasis Nuvoton yang telah dilakukan.
References
Admin, S. N. 2 P. (n.d.). Profile SMKN 2 Purwokerto. Retrieved from https://smkn2purwokerto.sch.id/
Corporation, N. T. (2012). NuMicro TM NUC140 Data Sheet ARM Cortex TM -M0 NuMicro TM Family NUC140 Data Sheet, 1–77.
Cycles, W. E. (n.d.). Datasheet ATmega16. In Configurations (pp. 1–26). Atmel. Retrieved from www.atmel.com
Id.wikipedia.org. (n.d.). Pengendali_mikro. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pengendali_mikro
Elfrianto. (2016). Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 46–58. https://doi.org/10.30596/edutech.v2i2.596
Mangkuprawira, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pardue, J. (2005). C Programming for Microcontrollers. Smiley micros. Smiley Micros. https://doi.org/0976682206
Program, N., Memories, D., Operation, T. R., Features, P., Modes, C., Mode, C., … Grades, S. (2006). Datasheet ATmega8535 (pp. 1–22). Retrieved from www.atmel.com
Randal, R. & Arnold, J. (2010). Understanding Human Behaviour in the Workplace. London: Pearson Education Limited.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.