Diversitas Marketing dengan Praktek SEO pada Produk Bisnis di Pondok Pesantren Ploso, Mojo Kediri

Authors

  • Sri Herianingrum Universitas Airlangga
  • Sylva Alif Rusmita Universitas Airlangga
  • Lina Nugraha Rani Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.6923

Keywords:

Search Engine Optimization (SEO), Diversitas Marketing, Santri Pondok

Abstract

Desa Ploso terletak di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri provinsi Jawa Timur. Di desa ini terdapat pondok pesantren Al-Falah yang sampai sekarang menganut sistem manajemen tradisional. Pengembangan skill wirausaha dirasa perlu untuk dikembangkan mengingat potensi dan pengaruh pondok pesantren yang luas dalam masyarakat. Sebetulnya santri memiliki potensi untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar, dengan cara memasarkan produk potensial dari Kediri dan dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Dengan adanya teknologi Search Engine Optimization (SEO), diharapkan para santri dapat memiliki skill lebih (bukan hanya ilmu agama) dan bisa membantu masyarakat sekitar pondok. Hasil dari penelitian kali ini adalah masih perlunya pendidikan tambahan berupa pelatihan dan workshop yang serupa dari pihak luar agar para santri mampu memiliki bekal skill yang cukup diluar ilmu agama. Dismaping itu sarana dan prasarana pondok masih sangat kurang untuk perkembangan ilmu dibidang marketing dan teknologi.

References

Gazali, E. (2018). Pesantren di antara generasi alfa dan tantangan dunia pendidikan era revolusi industri 4.0. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 94–109.

Herianingrum, S., Cahyono, E. F., Rani, L. N., & Rusmita, S. A. (2019). Pelatihan Ekonomi dan Keuangan Syariah dalam Rangka Pembentukan Baitul Mal wat Tamwil. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 3(1), 1–4.

Ismail, M. (2011). Pesantren dan perubahan sosial. Jurnal Sosiologi Islam, 1(1).

Koswara, R. (2014). Manajemen pelatihan life skill dalam upaya pemberdayaan santri di pondok pesantren. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 37–50.

Muttaqin, R. (2016). Kemandirian dan pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren (studi atas peran Pondok Pesantren Al-ittifaq Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung terhadap kemandirian eknomi santri dan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitarnya). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 1(2), 65–94.

Nadzir, M. (2015). Membangun Pemberdayaan Ekonomi di Pesantren. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 37–56.

Reginald, A. R., & Mawardi, I. (2014). Kewirausahaan Sosial Pada Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(5).

Rimbawan, Y. (2011). Pesantren dan Ekonomi: Kajian Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Darul Falah Bendo Mungal Krian Sidoarjo Jawa Timur.

Syakur, A. (2009). Optimalisasi Peran Pesantren Dalam Pengembangan Ekonomi Syari’ah. IQTISHODUNA, 4(3).

Toriquddin, M. (2011). Pemberdayaan Ekonomi di Pesantren Berbasis Syariah. De Jure: Jurnal Hukum Dan Syar’iah, 3(1).

Widodo, S. (2010). Pengembangan Potensi Agribisnis dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Pondok Pesantren. Kajian Ekonomi Dan Sosiokultural., 7(2).

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Herianingrum, S., Rusmita, S. A., & Rani, L. N. (2022). Diversitas Marketing dengan Praktek SEO pada Produk Bisnis di Pondok Pesantren Ploso, Mojo Kediri. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 69–74. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.6923

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.