Implementasi Augmented Reality Huruf Hijaiyah pada TPQ Manarul Huda Sumbersari Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v5i2.6689Keywords:
Metode Iqro’, Augmented Reality Huruf Hijaiyah (ARHH), TPQ Manarul Huda Sumbersari Kota MalangAbstract
Metode baca Alqur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sering menggunakan metode Iqro’, Ummi, Tilawati, Qiroati, Tartili dan lain-lain. Berkenaan dengan metode baca Al-Qur’an dan perkembangan smartphone dapat diaplikasian untuk membantu santri dalam tahap awal menghafal huruf Hijaiyah dengan bantuan software Augmented Reality (AR). Sistem pengajaran awal untuk mengenalkan huruf hijaiyah di TPQ Manarul Huda ini masih menggunakan sitem lama yaitu Iqro’. Jumlah santri di TPQ Manarul Huda ini sebanyak 66 santri yang tingkat awal sebanyak 11 santri. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkenalkan teknologi pembelajaran baru yaitu pengenalan awal pada santri baru menggunakan teknologi Augmented Reality Huruf Hijaiyah (ARHH). Ketika diperkenalkan metode ARHH para siswa sangat antusias termasuk para ustadz dan orang tuanya karena sistem ARHH ini bisa dipelajari di rumah sama orang tua sambil mainan handphone. Dalam ARHH ini santri bisa diajak untuk latihan menghafal, menulis dan mendengarkan lafadz dari huruf hijaiyah, sehingga tidak merasa belajar tapi bermain tebak, mendengar dan menulis. Untuk mengetahui hasil dari pelatihan ini, penulis juga mendata kemampuan santri sebelum dan sesudah menggunakan software ini. Rata-rata naik dalam ketiga lingkup yaitu hafalan huruf, lafadz huruf dan kemampuan menulis huruf hijaiyah.References
Aminuddin, Basuki, S. & Yusuf, M.(2019). Penerapan perangkat lunak multimedia interaktif pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tilawati cabang Malang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 3(1). 173-178. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3645
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. (2019). Buku panduan pengusulan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui simlitabmas. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Gedung BPPT II Lantai 19, Jl. MH. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat.
Siang, A.D. (2018). Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dengan Teknologi Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Pada Tk Al-Fath Kota Malang. (Skripsi tidak dipublikasikan). Program studi Sistem Informasi, STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.