Implementasi Augmented Reality Huruf Hijaiyah pada TPQ Manarul Huda Sumbersari Kota Malang

Mohamad As'ad, Sigit Setyowibowo, Sujito Sujito

Abstract


Metode baca Alqur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sering menggunakan metode Iqro’, Ummi, Tilawati, Qiroati, Tartili dan lain-lain. Berkenaan dengan metode baca Al-Qur’an dan perkembangan smartphone dapat diaplikasian untuk membantu santri dalam tahap awal menghafal huruf Hijaiyah dengan bantuan software Augmented Reality (AR). Sistem pengajaran awal untuk mengenalkan huruf hijaiyah di TPQ Manarul Huda ini masih menggunakan sitem lama yaitu Iqro’. Jumlah santri di TPQ Manarul Huda ini sebanyak 66 santri yang tingkat awal sebanyak 11 santri. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkenalkan teknologi pembelajaran baru yaitu pengenalan awal pada santri baru menggunakan teknologi Augmented Reality Huruf Hijaiyah (ARHH). Ketika diperkenalkan metode ARHH para siswa sangat antusias termasuk para ustadz dan orang tuanya karena sistem ARHH ini bisa dipelajari di rumah sama orang tua sambil mainan handphone. Dalam ARHH ini santri bisa diajak untuk latihan menghafal, menulis dan mendengarkan lafadz dari huruf hijaiyah, sehingga tidak merasa belajar tapi bermain tebak, mendengar dan menulis. Untuk mengetahui hasil dari pelatihan ini, penulis juga mendata kemampuan santri sebelum dan sesudah menggunakan software ini. Rata-rata naik dalam ketiga lingkup yaitu hafalan huruf, lafadz huruf dan kemampuan menulis huruf hijaiyah. 

Keywords


Metode Iqro’; Augmented Reality Huruf Hijaiyah (ARHH); TPQ Manarul Huda Sumbersari Kota Malang

References


Aminuddin, Basuki, S. & Yusuf, M.(2019). Penerapan perangkat lunak multimedia interaktif pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tilawati cabang Malang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 3(1). 173-178. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3645

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. (2019). Buku panduan pengusulan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui simlitabmas. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Gedung BPPT II Lantai 19, Jl. MH. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat.

Siang, A.D. (2018). Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dengan Teknologi Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Pada Tk Al-Fath Kota Malang. (Skripsi tidak dipubli­kasikan). Program studi Sistem Informasi, STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v5i2.6689

Copyright (c) 2021 Mohamad As'ad, Sigit Setyowibowo, Sujito Sujito

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347