Implementasi Augmented Reality Huruf Hijaiyah pada TPQ Manarul Huda Sumbersari Kota Malang

Authors

  • Mohamad As'ad STMIK PPKIA Pradnya Paramita
  • Sigit Setyowibowo STMIK PPKIA Pradnya Paramita
  • Sujito Sujito STMIK PPKIA Pradnya Paramita

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v5i2.6689

Keywords:

Metode Iqro’, Augmented Reality Huruf Hijaiyah (ARHH), TPQ Manarul Huda Sumbersari Kota Malang

Abstract

Metode baca Alqur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sering menggunakan metode Iqro’, Ummi, Tilawati, Qiroati, Tartili dan lain-lain. Berkenaan dengan metode baca Al-Qur’an dan perkembangan smartphone dapat diaplikasian untuk membantu santri dalam tahap awal menghafal huruf Hijaiyah dengan bantuan software Augmented Reality (AR). Sistem pengajaran awal untuk mengenalkan huruf hijaiyah di TPQ Manarul Huda ini masih menggunakan sitem lama yaitu Iqro’. Jumlah santri di TPQ Manarul Huda ini sebanyak 66 santri yang tingkat awal sebanyak 11 santri. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkenalkan teknologi pembelajaran baru yaitu pengenalan awal pada santri baru menggunakan teknologi Augmented Reality Huruf Hijaiyah (ARHH). Ketika diperkenalkan metode ARHH para siswa sangat antusias termasuk para ustadz dan orang tuanya karena sistem ARHH ini bisa dipelajari di rumah sama orang tua sambil mainan handphone. Dalam ARHH ini santri bisa diajak untuk latihan menghafal, menulis dan mendengarkan lafadz dari huruf hijaiyah, sehingga tidak merasa belajar tapi bermain tebak, mendengar dan menulis. Untuk mengetahui hasil dari pelatihan ini, penulis juga mendata kemampuan santri sebelum dan sesudah menggunakan software ini. Rata-rata naik dalam ketiga lingkup yaitu hafalan huruf, lafadz huruf dan kemampuan menulis huruf hijaiyah. 

Author Biographies

Mohamad As'ad, STMIK PPKIA Pradnya Paramita

Teknologi Informasi

Sigit Setyowibowo, STMIK PPKIA Pradnya Paramita

Teknologi Informasi

Sujito Sujito, STMIK PPKIA Pradnya Paramita

Teknologi Informasi

References

Aminuddin, Basuki, S. & Yusuf, M.(2019). Penerapan perangkat lunak multimedia interaktif pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tilawati cabang Malang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 3(1). 173-178. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3645

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. (2019). Buku panduan pengusulan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui simlitabmas. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Gedung BPPT II Lantai 19, Jl. MH. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat.

Siang, A.D. (2018). Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dengan Teknologi Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Pada Tk Al-Fath Kota Malang. (Skripsi tidak dipubli­kasikan). Program studi Sistem Informasi, STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang.

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

As’ad, M., Setyowibowo, S., & Sujito, S. (2021). Implementasi Augmented Reality Huruf Hijaiyah pada TPQ Manarul Huda Sumbersari Kota Malang. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 195–200. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i2.6689

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.