Pendampingan UKM Tahu Kampung Trunan Magelang Melalui Strategi Pemasaran POSM dan WOM

Andhatu Achsa, Dian Marlina Verawati, Ivo Novitaningtyas

Abstract


Program pengabdian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mitra yaitu menurunnya volume penjualan. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan mitra terhadap strategi pemasaran POSM dan WOM. Program dilaksanakan menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan kepada 20 UKM tahu sebagai sasaran program. Hasil pelaksanaan program menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mitra terhadap strategi POSM dan WOM dalam rangka meningkatkan minat beli konsumen, serta peningkatan keterampilan mitra dalam membuat material pendukung POSM untuk menarik minat beli konsumen. Melalui pelaksanaan program ini diharapkan agar minat beli konsumen terhadap produk UKM tahu meningkat sehingga berdampak pada peningkatan volume penjualan dan menjadi solusi bagi permasalahan mitra.


Keywords


Pemasaran; POSM; UKM; WOM

References


Bahrudin, A., Widdiyanti, & Wahyono. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desain Produk ANyaman Mansiang di Jorong Taratak Nagari Kubang Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kita. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1).

Bukit, F. R. A., A.S, G. G., Irvan, I., & Fahmi, F. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 229. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i2.4317

Garside, A. K., Baroto, T., & Gunarimba Waibo, O. R. (2020). Penguatan Aspek Produksi dan Pemasaran pada Usaha Keripik Singkong Mix Sayur. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 61. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4614

Hambali, Astrid, G., & Utari, Y. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Penginap di Hotel Best Skip Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 2(1), 44–55.

Juniantoko, A. D., & Supriono. (2017). Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli serta dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 53(2), 11–18.

Katrin, K., & Vanel, Z. (2020). Strategi Pemasaran Komunikasi Digital Marketing Platform (Cashbac) Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 14. https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1753

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 2. Indeks.

Maulida, S., & Yunani, A. (2018). Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 2(1).

Purbandari, E., Sugandini, D., & Sutiono, H. T. (2018). Word of Mouth Sebagai Konsekuensi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(1), 111. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i1.2355

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. PT Indeks.

Swara, N. N. A. A. V., & Putri, N. M. K. D. (2018). Peran Word Of Mouth Memediasi Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Green Product Merek Oriflame Di Kota Denpasar. Jurnal Widya Manajemen, 1(1), 80–98. https://doi.org/10.2307/j.ctt6wrb1x.39

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Penerbit Andi.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Yunita, A., & Purwanto, H. (2020). Peningkatan Pemasaran Produk Kerajinan Bambu di Dusun Sanggrahan I, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4603


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v5i1.8580

Copyright (c) 2022 Andhatu Achsa, Dian Marlina Verawati, Ivo Novitaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347