Pelatihan Diversifikasi Produk nntuk Peningkatan Produktivitas Pelaku UKM Tahu
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.8591Keywords:
Diversifikasi Produk, Inovasi, Pemasaran ProdukAbstract
Latar belakang kegiatan pengabdian adalah menurunnya kesejahteraan mitra dari sisi penjualan. Hal ini disebabkan oleh lemahnya pemasaran produk dan kurangnya inovasi dalam produk usaha. Pengabdian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan diversifikasi, inovasi dan pemasaran produk untuk peningkatan produktivitas mitra. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah para pelaku UKM Tahu yang terdiri dari 20 pengusahan UKM Tahu. Pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial pembuatan diversifikasi produk dan kegiatan diskusi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha dalam berbagai variasi produk, peningkatan kemampuan pelaku usaha dalam membuat ragam variasi produk salah satunya “tahu walik” dan pengetahuan mengenai strategi dalam pemasaran produk saat ini. Dari pelaksanaan kegiatan ini, para pelaku UKM Tahu tertarik untuk membuat tahu walik. Melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan usaha para pelaku UKM Tahu.
References
Anggraini, R., Maulina, F., & Vivi, V. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui diversifikasi produk keladi dan singkong. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 63. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3028
Bocconcelli, R., Cioppi, M., Fortezza, F., Francioni, B., Pagano, A., Savelli, E., & Splendiani, S. (2018). SMEs and Marketing: A Systematic Literature Review. International Journal of Management Reviews, 20(2), 227–254. https://doi.org/10.1111/ijmr.12128
Brines, S., Shepherd, D., & Woods, C. (2013). SME family business innovation: exploring new combinations. Journal of Family Business Management, 3(2), 117–135. https://doi.org/10.1108/JFBM-01-2012-0002
Elita, N., Darnetti, D., & Harmailis, H. (2018). Peningkatan usaha melalui diversifikasi produk kerajinan tenun kubang Kabupaten Lima Puluh Kota. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 335–340. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1685
Haddad, M. I., Williams, I. A., Hammoud, M. S., & Dwyer, R. J. (2019). Strategies for implementing innovation in small and medium-sized enterprises. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 16(1), 12–29. https://doi.org/10.1108/WJEMSD-05-2019-0032
Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan omset penjualan melalui diversifikasi produk dan dtrategi promosi pada UMKM kerajinan souvenir khas palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.18
Marka, M. M., Azis, N., & Alifiana, M. A. (2019). Pengembangan UMKM Madumongso melalui manajemen usaha dan legalitas usaha. Jurnal Abdimas, 22(2), 185–192. Retrieved from https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JFBM-01-2012-0002/full/html
Murphy, G., & Tocher, N. (2017). Diversification in small firms: Does parental influence matter? Journal of Small Business Strategy, 27(3), 25–38.
Saunila, M. (2019). Innovation capability in SMEs: A systematic review of the literature. Journal of Innovation & Knowledge, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.1016/j.jik.2019.11.002
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655
Widjajanti, K. (2015). Marketing collaboration and SME strategy implementation in Blora, Indonesia. ASEAN Marketing Journal, 7(1), 28–39. https://doi.org/10.21002/amj.v7i1.4482
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.