Pelatihan Diversifikasi Produk nntuk Peningkatan Produktivitas Pelaku UKM Tahu

Fitrah Sari Islami, Rian Destiningsih, Andhatu Achsa

Abstract


Latar belakang kegiatan pengabdian  adalah menurunnya kesejahteraan mitra dari sisi penjualan. Hal ini disebabkan oleh lemahnya pemasaran produk dan kurangnya inovasi dalam produk usaha. Pengabdian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan diversifikasi, inovasi dan pemasaran produk untuk peningkatan produktivitas mitra. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah para pelaku UKM Tahu yang terdiri dari 20 pengusahan UKM Tahu. Pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial pembuatan diversifikasi produk dan kegiatan diskusi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha dalam berbagai variasi produk, peningkatan kemampuan pelaku usaha dalam membuat ragam variasi produk salah satunya “tahu walik” dan pengetahuan mengenai strategi dalam pemasaran produk saat ini. Dari pelaksanaan kegiatan ini, para pelaku UKM Tahu tertarik untuk membuat tahu walik. Melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan usaha para pelaku UKM Tahu.


Keywords


Diversifikasi Produk; Inovasi; Pemasaran Produk

References


Anggraini, R., Maulina, F., & Vivi, V. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui diversifikasi produk keladi dan singkong. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 63. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3028

Bocconcelli, R., Cioppi, M., Fortezza, F., Francioni, B., Pagano, A., Savelli, E., & Splendiani, S. (2018). SMEs and Marketing: A Systematic Literature Review. International Journal of Management Reviews, 20(2), 227–254. https://doi.org/10.1111/ijmr.12128

Brines, S., Shepherd, D., & Woods, C. (2013). SME family business innovation: exploring new combinations. Journal of Family Business Management, 3(2), 117–135. https://doi.org/10.1108/JFBM-01-2012-0002

Elita, N., Darnetti, D., & Harmailis, H. (2018). Peningkatan usaha melalui diversifikasi produk kerajinan tenun kubang Kabupaten Lima Puluh Kota. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 335–340. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1685

Haddad, M. I., Williams, I. A., Hammoud, M. S., & Dwyer, R. J. (2019). Strategies for implementing innovation in small and medium-sized enterprises. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 16(1), 12–29. https://doi.org/10.1108/WJEMSD-05-2019-0032

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan omset penjualan melalui diversifikasi produk dan dtrategi promosi pada UMKM kerajinan souvenir khas palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.18

Marka, M. M., Azis, N., & Alifiana, M. A. (2019). Pengembangan UMKM Madumongso melalui manajemen usaha dan legalitas usaha. Jurnal Abdimas, 22(2), 185–192. Retrieved from https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JFBM-01-2012-0002/full/html

Murphy, G., & Tocher, N. (2017). Diversification in small firms: Does parental influence matter? Journal of Small Business Strategy, 27(3), 25–38.

Saunila, M. (2019). Innovation capability in SMEs: A systematic review of the literature. Journal of Innovation & Knowledge, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.1016/j.jik.2019.11.002

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Widjajanti, K. (2015). Marketing collaboration and SME strategy implementation in Blora, Indonesia. ASEAN Marketing Journal, 7(1), 28–39. https://doi.org/10.21002/amj.v7i1.4482


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v5i1.8591

Copyright (c) 2022 Fitrah Sari Islami, Rian Destiningsih, Andhatu Achsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347