Pendampingan Pembuatan IUMK dan NIB bagi Pengusaha UMKM Desa Ngargogondo

Dinar Melani Hutajulu, Fitrah Sari Islami, Bagus Eka Saputra

Abstract


Masalah legalitas yang belum ada pada usaha UMKM di Desa Ngargogondo telah mendorong tim pengabdian untuk dapat melatih dan mendampingi para pelaku usaha UMKM dalam membuat perizinan dan legalitas tersebut. Kegiatan ini bertujuan agar para pengusaha tertib dalam administrasi usaha khususnya memiliki perizinan usaha yang akan berguna bagi ekspansi usaha dan akses permodalan kedepan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah terkait topik perizinan dan legalitas, melakukan pelatihan atau tutorial pemnbuatan NIB dan IUMK, serta melakukan pendampingan pembuatan NIB dan IUMK. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, para peserta sebagian besar telah memahami pentingnya perizinan dan legalitas. Peserta dilatih untuk membuatn NIB dan IUMK, serta didampingi dalam pengisian hingga proses penerbitan secara online melalui situs oss perizinan. Hasil akhir dari kegiatan ini telah terbitnya NIB dan IUMK para pelaku usaha UMKM di Desa Ngargogondo. Tim pengabdian berharap agar kedepan berbagai syarat dan administrasi dalam kelancaran usaha dapat dilengkapi oleh para peserta dalam menjalankan usahanya. Hal ini bertujuan untuk kelancaran usaha para pelaku UMKM ke depan.


Keywords


Legalitas; Perizinan; UMKM; IUMK; NIB

References


Al Huzni, S., & Susanto, Y. A. (2021). Pelaksanaan Izin Usaha Secara Elektronik Sebagai Upaya Peningkatan Investasi di Indonesia. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 15(1), 101–116. https://doi.org/10.15575/adliya.v15i1.11850

Alfian, N., & Maulana, W. (2022). Peningkatan Omzet UMKM Guna Menjaga Perekonomian Masyarakat Desa di Masa Pandemi Covid-19. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 241. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7982

Anggarini, D. R. (2021). Kontribusi Umkm Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung 2020. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 345–355. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/indexDOI:https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i2.1462

Hussin, M. H., Muhammad, A., & Larasathy, G. (2022). Penguatan Literasi Digital dalam Merespons Peningkatan Ekonomi Digital pada Masa Pandemi COVID-19. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 349. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.12488

Indriastuti, M., & Permatasari, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Akuntansi UMKM Berbasis Digital. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 33. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.9352

Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021). Digitalisasi UMKM, Literasi Keuangan, dan Kinenrja Keuangan: Studi pada Masa Pandemi Covid-19. STIE Perbanas Press 2021, 11(1), 73–92. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2552

Prihatin, J., & Maruf, A. (2019). Analisis Tingkat Literasi Keuangan pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kerajinan Perak di Kotagede Yogyakarta. Journal of Economics Research and Social Sciences, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.18196/jerss.030101

Pusporini, P. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan pada Pelaku UMKM Kecamatan Cinere, Depok. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(1), 58–69. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i1.315

Rahayu, D. P. (2018). Pengembangan Potensi UMKM Wisata Berbasis Minat Pengunjung. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 1–20.

Rahmawati, D., Thaha, A. R., & Priyanto, A. (2023). Financial literacy, digital transformation adoption, and their significance to the MSMEs performance in Bandung city. In Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 7, Issue 1, pp. 213–223). https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i1.20702

Redi, A., Marfungah, L., Fansuri, R. F., Prawira, M., & Lafentia, A. (2022). Perizinan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM): Bentuk Pemberdayaan, Perlindungan Hukum dan Mewujudkan Negara Kesejahteraan. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 282. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.13553.2022

Risal, & Kristiawati, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Pencatatan Laporan Keuangan Pada UMKM Di Kota Pontianak. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 16(2), 100–107.

Sakur. (2011). Kajian Faktor-Faktor yang Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Studi Kasus di Kota Surakarta. Spirit Publik, 7(2), 85–110.

Sulistyowati, E., & Lestari, N. S. (2016). Faktor-Faktor Penentuan Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Yogyakarta. Jurnal MAKSIPRENEUR, VI(1), 24–36.

Tambunan, T., Santoso, W., Busneti, I., & Batunanggar, S. (2021). The Development of MSMEs and the Growth of Peer-to-Peer (P2P) Lending in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 15(2), 2021. www.ijicc.net

Utami, N. (2023). Analysis of the Use of Financial Technology and Financial Literacy Among MSMEs. Mbia, 22(1), 11–21. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2217

Wusqo, A. U., Fridayanti, B. E., & Aisyah, S. (2023). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9482


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v8i1.19264

Copyright (c) 2024 Dinar Melani Hutajulu, Fitrah Sari Islami, Bagus Eka Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347