Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Smart Module Ethno-Edutainment untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9842Keywords:
Smart-Module, Ethno-Edutainment, Aplikasi, Keterampilan MengajarAbstract
Permasalahan mitra guru SD 5 Bae adalah kurangnya pengetahuan guru mengenai pemanfaatan aplikasi dalam pembelajaran daring. Selain itu, guru juga mengalami kendala dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan keunggulan lokal Kudus. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru SD 5 Bae mengenai pemanfaatan aplikasi smart module ethno-edutainment. Metode yang digunakan adalah audience centere yaitu dengan memberikan pelatihan interaktif dan pendampingan. Dalam proses pelatihan terjadi proses interaksi dua arah sehingga memberikan kesempatan kepada guru SD 5 Bae untuk menyampaikan ide, pendapat, pikiran, dan pengalamannya. Pelaksanaan pelatihan pemanfaatan aplikasi smart module ethno-edutainment dirancang dalam beberapa tahap, yaitu: erencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah guru di SD 5 Bae mampu memanfaatkan aplikasi smart module ethno-edutainment dalam pembelajaran daring.References
Ardianti, S.D., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). A Needs Assessment of Edutainment Module with Ethnoscience Approach Oriented to the Love of the Country. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2)
Ardianti, S.D., Wanabuliandari, S., & Kanzunnudin, M. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).
Fitzgerald, A., & Smith,K. (2016). Science that matters: Exploring science learning and teaching in primary schools. Aust. J. Teach. Educ., 41(4), 64–78, doi: 10.14221/ajte.2016v41n4.4.
Nuraini and W. Muliawan. (2020). Development of Science Learning with Project Based Learning on Science Process Skill : A Needs Analysis Study. J. Phys. Conf. Ser., 1539(1).
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.777.
Ristiyani, & Wanabuliandari, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Hypnomathematics Untuk Guru Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional seminar Masyarakat Ilmiah (SEMAI) 2018 dengan tema Mengungkap Kebenaran Melalui Linguistik Forensik.
Sheldrake, R., Mujtaba, T., & Reiss, M. J. (2017). Science teaching and students’ attitudes and aspirations: The importance of conveying the applications and relevance of science. Int. J. Educ. Res., 85, 167–183, doi: 10.1016/j.ijer.2017.08.002.
Ulya, H., & Ardianti, SD. (2020). Pembuatan Laboratorium Media Berbasis Lingkungan dan Keunggulan Lokal Kudus. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 365-372.
Wanabuliandari, S., Ardianti, S., Saptono, S., Alimah, S., & Kurniasih, N. (2018). Edutainment Module based on Local Culture of Eastern Pantai Utara, Central Java Reviewed From Experts. Int. J. Eng. Technol., 7(2.14), 242–245
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.