Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Smart Module Ethno-Edutainment untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD

Authors

  • Sekar Dwi Ardianti Universitas Muria Kudus
  • Savitri Wanabuliandari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9842

Keywords:

Smart-Module, Ethno-Edutainment, Aplikasi, Keterampilan Mengajar

Abstract

Permasalahan mitra guru SD 5 Bae adalah kurangnya pengetahuan guru mengenai pemanfaatan aplikasi dalam pembelajaran daring. Selain itu, guru juga mengalami kendala dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan keunggulan lokal Kudus. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru SD 5 Bae mengenai pemanfaatan aplikasi smart module ethno-edutainment. Metode yang digunakan adalah audience centere yaitu dengan memberikan pelatihan interaktif dan pendampingan. Dalam proses pelatihan terjadi proses interaksi dua arah sehingga memberikan kesempatan kepada guru SD 5 Bae untuk menyampaikan ide, pendapat, pikiran, dan pengalamannya. Pelaksanaan pelatihan pemanfaatan aplikasi smart module ethno-edutainment dirancang dalam beberapa tahap, yaitu: erencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah  guru di SD 5 Bae mampu memanfaatkan aplikasi smart module ethno-edutainment dalam pembelajaran daring.

References

Ardianti, S.D., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). A Needs Assessment of Edutainment Module with Ethnoscience Approach Oriented to the Love of the Country. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2)

Ardianti, S.D., Wanabuliandari, S., & Kanzunnudin, M. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).

Fitzgerald, A., & Smith,K. (2016). Science that matters: Exploring science learning and teaching in primary schools. Aust. J. Teach. Educ., 41(4), 64–78, doi: 10.14221/ajte.2016v41n4.4.

Nuraini and W. Muliawan. (2020). Development of Science Learning with Project Based Learning on Science Process Skill : A Needs Analysis Study. J. Phys. Conf. Ser., 1539(1).

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.777.

Ristiyani, & Wanabuliandari, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Hypnomathematics Untuk Guru Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional seminar Masyarakat Ilmiah (SEMAI) 2018 dengan tema Mengungkap Kebenaran Melalui Linguistik Forensik.

Sheldrake, R., Mujtaba, T., & Reiss, M. J. (2017). Science teaching and students’ attitudes and aspirations: The importance of conveying the applications and relevance of science. Int. J. Educ. Res., 85, 167–183, doi: 10.1016/j.ijer.2017.08.002.

Ulya, H., & Ardianti, SD. (2020). Pembuatan Laboratorium Media Berbasis Lingkungan dan Keunggulan Lokal Kudus. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 365-372.

Wanabuliandari, S., Ardianti, S., Saptono, S., Alimah, S., & Kurniasih, N. (2018). Edutainment Module based on Local Culture of Eastern Pantai Utara, Central Java Reviewed From Experts. Int. J. Eng. Technol., 7(2.14), 242–245

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Smart Module Ethno-Edutainment untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 25–30. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9842