Image Tracking Berbasis Augmented Reality Untuk Relasi Antara Sunnah Nabi dan Manfaat Secara Medis

Febrian Wahyu Christanto, Muhammad Fauzan Affandi, Titin Winarti

Abstract


Aplikasi yang membahas Sunnah Nabi secara khusus saat ini masih sulit dicari di Android. Beberapa aplikasi ada yang membahas tentang Sunnah Nabi tetapi masih kurang menarik karena hanya berisi tentang pengenalan Sunnah, belum ada yang membahas manfaat melaksanakan Sunnah tersebut secara terperinci, imbasnya sekarang ini banyak remaja yang kurang mengamalkan Sunnah Nabi dalam kehidupan sehari – hari, padahal banyak sisi menarik dalam Sunnah, salah satunya manfaat melakukan Sunnah dalam pandangan medis. Maka diperlukan sebuah terobosan aplikasi baru yang menarik untuk mengenalkan Sunnah Nabi ditambah dengan manfaatnya secara medis dengan harapan remaja sekarang ini bisa lebih bersemangat mengerjakan Sunnah Nabi dalam kehidupan sehari – hari. Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memungkinkan pengguna melihat objek 3 dimensi terlihat seperti asli. Aplikasi Sunnah Nabi Plus dapat di terapkan dalam objek 3 dimensi melalui Augmented Reality (AR). Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi, dan kepustakaan. Sedangkan untuk metode pengembangan sistem menggunakan metode Prototype. Untuk implementasi aplikasi menggunakan bahasa pemrograman C#. Dari hasil implementasi aplikasi di dapatkan peningkatan pengetahuan terhadap Sunnah sebesar 52% responden menjadi mengetahui tentang Sunnah. Diharapkan aplikasi ini dapat lebih menarik minat remaja untuk mengerjakan Sunnah – Sunnah Nabi.

Kata-kata kunci: Aplikasi, Manfaat Sunnah Nabi, Manfaat Medis, Augmented Reality


Keywords


Aplikasi; Manfaat Sunnah Nabi; Manfaat Medis; Augmented Reality

References


[1] KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),” 2018. [Online]. Available: https://kbbi.web.id/medis. [Accessed: 09-Nov-2018].

[2] T. Sutanto, The Power Of 33 Sunah Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.

[3] E. Setiawan, U. Syaripudin, and Y. A. Gerhana, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android,” J. Online Inform., vol. 1, no. 1, pp. 28–33, 2016.

[4] B. Hasyim, “Islam Dan Ilmu Pengetahuan (Pengaruh Temuan Sains terhadap Perubahan Islam),” J. Dakwah Tabligh, vol. 14, no. 1, pp. 127–139, 2013.

[5] H. Supriyono, A. . Saputra, E. Sudarmilah, and R. Darsono, “Designing hadith learning applications for android-based mobile devices,” J. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 907–920, 2014.

[6] J. Fakhri, “Sains Dan Teknologi Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran,” Ta’dib, vol. 15, no. 01, pp. 121–142, 2010.

[7] M. J. Elzaky, “Buku Pintar Mukjizat Kesehatan Ibadah,” in Buku Pintar Mukjizat Kesehatan Ibadah, 1st ed., Jakarta: Zaman, 2015, p. 601.

[8] A. Nisak, Begini Caranya Hidup Sehat ala Para Nabi. Yogyakarta: DIVA Press, 2014.

[9] J. M. Az-Zaki, Sehat dengan Ibadah. Jakarta: Pustaka AL-Kautsar, 2018.

[10] Z. Naik, Miracles of Al-Qur’an & As - Sunnah. PT.Aqwam Media Profetika, 2015.

[11] K. Irianto, Anatomi dan Fisiologi, Revisi. Bandung: Alfabeta, 2017.

[12] H. Basri, U. I. N. Sultan, and S. Kasim, “RELEVANSI ANTARA HADITS DAN SAINS KAEDAH DAN APLIKASINYA DALAM BINGKAI I`JAZ ILMI,” J. Ilm. Keislam., vol. 17, no. 1, pp. 130–146, 2018.

[13] D. Syolihan, R. Putri, S. Nabawiyati, N. Makiyah, D. Puspita, and M. Yogyakarta, “Penerapan Sunnah Rosul Sebelum Tidur Meningkatkan Kualitas Tidur Pasien Kanker Payudara,” Mutiara Med. J. Kedokt. dan Kesehat., vol. 18, no. 2, pp. 61–66, 2018, doi: 10.18196/mm.180217.

[14] N. D. Lestari and M. R. Minan, “Efektivitas Terapi Wudhu Menjelang Tidur terhadap Kualitas Tidur Remaja The Effectiveness of Wudhu Therapy before Bedtime into Sleep Qualtiy in Teenagers,” J. Kedokt. dan Kesehat., vol. 18, no. 2, pp. 49–54, 2018, doi: 10.18196/mm.180215.

[15] M. Sholechah, “Posisi Tidur dalam Tinjauan Hadits ( Kajian Ma ’ anil Hadits ),” J. Intelekt., vol. 5, no. 2, pp. 145–152, 2016.

[16] R. Azmarina, “DESENSITISASI SISTEMATIK DENGAN DZIKIR TASBIH UNTUK MENURUNKAN SIMTOM KECEMASAN PADA GANGGUAN FOBIA SPESIFIK,” J. Humanit., vol. 12, no. 2, pp. 90–104, 2015.

[17] R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, 7f ed. Yogyakarta: Andi, 2012.

[18] R. Roedavan, Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika, 2014.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.30595/juita.v8i1.5541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-8901