Rancang Bangun Virtual Reality Educational Game Penanggulangan Sampah berbasis Android untuk Anak Usia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/juita.v7i1.4315Keywords:
Android, game edukasi, virtual realityAbstract
Kepekaan terhadap kebersihan lingkungan sudah semakin terabaikan, maka dari itu diperlukan penyadaran lingkungan sejak dini bagi anak-anak sehingga anak menjaadi terbiasa untuk menjaga lingkungan hingga dewasa. Salah satu metode pengajaran mengenai lingkungan khususnya tentang sampah dapat menggunakan game edukasi berbasis virtual reality yang mengedepankan ciri pengalaman langsung bagi penggunanya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan virtual reality educational game mengenai pendidikan lingkungan terkait sampah untuk anak usia sekolah dasar. Aplikasi ini ditujukan untuk platform Android pada telepon cerdas. Metode pengembangan menggunakna Game Development Life Cycle. Hasil uji blackbox dari penelitian adalah game edukasi berbasis virtual reality ini dapat berjalan dengan baik.References
[1] W. S. Purba, P. A. Safitri, and R. Andianti, Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2017, vol. 91, no. 1. Jakarta: Badan Pusat Statistik/BPS – Statistics Indonesia, 2017.
[2] A. Kahfi, “Tinjauan Terhadap Pengelolaan Sampah,” Jurisprud. Jur. Ilmu Huk. Fak. Syariah dan Huk., vol. 4, no. 1, p. 12, Jun. 2017.
[3] Juwairiah, “Membentuk Karakter Anak Usia Dini dengan Mengenalkan Cerita Rakyat Dari Aceh,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. III, no. 1, pp. 1–18, 2017.
[4] E. Sudarmilah, H. Supriyono, U. Fadlilah, F. Yasin Al Irsyadi, and A. Fatmawati, “Prototyping AR EduGame for children: learning Indonesian culture,” MATEC Web Conf., vol. 197, p. 3012, Sep. 2018.
[5] R. W. Khoerniawan, M. T. . I Made Putrama, S.T., and M. S. . Dr. Ketut Agustini, S.Si, “Game Edukasi Penjelajah Berbasis Virtual Reality,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform. (ISSN 2252-9063), vol. 7, no. 1, Feb. 2015.
[6] I. N. Agdhian, “Implementasi Virtual Reality Berbasis Surround Screen Projection Pada Aplikasi Informasi Alat Pemantau Cuaca BMKG,” Jan. 2018.
[7] H. B. D. Rendy Adiwikarta, “Pengembangan Permainan Video Endless Running Berbasis Android Menggunakan Framework Game Development Life Cycle,” Kalbiscientia, vol. Volume 4, no. Nomor 2, pp. 142–148, 2017.
[8] M. A. Pranata, G. S. Santyadiputra, and I. G. P. Sindu, “Rancangan Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran,” Janapati, vol. Volume 6, no. Nomor 3, pp. 256–270, 2017.
[9] F. Stephen, D. Gunawan, and S. Hansun, “Rancang Bangun Aplikasi Permainan Edukasi Berbasis Virtual Reality Menggunakan Google Cardboard,” Sisfo, vol. 5, no. 5, pp. 496–503, Mar. 2016.
[10] R. A. Krisdiawan, “Implementasi Model Pengembangan Sistem GDLC dan Algoritma Linear Congruential Generator pada Game Puzzle,” NUANSA Inform., vol. 12, no. 2, Mar. 2018.
[11] R. Patton, Software Testing. Indiana: Sams Publishing, 2001.
[12] “Understanding Sensors: Magnetometers, Accelerometers and Gyroscopes - Virtual Reality Society.” [Online]. Available: https://www.vrs.org.uk/virtual-reality-gear/motion-tracking/sensors.html. [Accessed: 17-Apr-2019].
[13] “Distribution dashboard | Android Developers.” [Online]. Available: https://developer.android.com/about/dashboards. [Accessed: 18-Apr-2019].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

JUITA: Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.