PENGARUH KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BANYUMAS

Authors

  • Desta Kurniawan
  • Moeslich Hasanmihardja
  • Didik Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.30595/pji.v6i3.431

Abstract

Perilaku penggunaan obat oleh pasien, sangat dipengaruhi oleh informasi yang diterima pasien mengenai obat-obat yang digunakannya. Oleh karena itu kualitas informasi yang mengiringi penggunaan suatu obat sama pentingnya dengan kualitas obat itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pasien peserta Jamkesmas rawat inap di RSU Banyumas merasa puas terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan. Penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan model pendekatan secara observasional. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui survey yaitu dengan penyebaran kuisioner kepada 88 reponden dengan cara mengambil seluruh populasi peserta jamkesmas rawat inap dibangsal penyakit dalam RSU Banyumas pada tanggal 1 April sampai dengan 20 Mei 2009. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan informasi obat terhadap kepuasan pasien peserta jamkesmas rawat inap di RSU Banyumas dengan nilai korelasi sebesar 0,308. Hal ini berarti semakin positif kualitas pelayanan informasi obat, maka akan diiringi dengan meningkatnya kepuasan pasien peserta jamkesmas rawat inap. Kata kunci : Kualitas pelayanan informasi obat, kepuasan pasien peserta jamkesmas rawat inap, RSU Banyumas.

References

Andayani. T. M. 2004. Manajemen Farmasi Rumah Sakit, Edisi 9. Yogyakarta: Gadjah Mada Pharmacy Study Club

Anogoro, P. TM. 1990. Psikologi Dalam Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta

Anonim. 1992. Kesehatan, UU RI No. 23, Direktorat jendral pengawasan obat dan makanan. Jakarta: Depkes RI

Anonim. 2004. Standar Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit. Direktorat jendral pengawasan obat dan makanan. Jakarta: Depkes RI

Anonim. 2007. Pengolahan Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi offset

Anonim. 2008. Profil Rumah Sakit Umum (RSU) Banyumas. Banyumas

Ikawati. 1994. Pengobatan Rasional, majalah Farsigama. Yogyakarta: BEM Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada

Jogiyanto. 1990. Analisis dan desain system informasi. Yogyakarta: Andi offset

Martha, Hadi Anshary. 2005. Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Informasi Obat Di Apotek-Apotek Di Kotamadya Padang [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada

Nawawi, H. 2006. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Nawawi, H. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Riduwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Riwidikdo, Handoko. 2008. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press

Sari, Endah Puspita. 2007. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas I, II, III Terhadap Pelayanan Obat Dibangsal Penyakit Dalam Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Kabupaten Magelang [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada

Siregar, Charles. J.P. 2003. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Terapan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Sugiyono, S. 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiarto, Siagian, D., Sunaryanto, L. T., Oetomo, D.S. 2001. Teknik Sampling. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Supranto, J., 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta

Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran Edisi II Cetakan 3. Yogyakarta: Andi offset

Umar, Husein. 2002. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Yulina Vita, Kristy. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepuasan Konsumen Peserta Askes Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Purbalingga [Skripsi]. Purwokerto: Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Downloads

Published

2016-08-31

How to Cite

Kurniawan, D., Hasanmihardja, M., & Setiawan, D. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BANYUMAS. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 6(03). https://doi.org/10.30595/pji.v6i3.431

Most read articles by the same author(s)

<< < > >>