Mathematical Literacy in Terms of Learning Independence of Junior High School Students
Abstract
Keywords
References
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Education and Development, 7(2), 103-112. https://doi.org/10.37081/ed.v7i2.883.
Amelia, I., Pujiastuti, H., Fathurrohman, M., Santosa, C. A. H. F., & Fatah, A. (2023). Systematic Literatur Review: Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1281
Anggriani, S. (2020). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Tipe Hots Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Skripsi.
Haara, F. O., Bolstad, O. H., & Jenssen, E. S. (2021). Research on mathematical literacy in schools - Aim, approach and attention. European Journal of Science and Mathematics Education, 5(3). https://doi.org/10.30935/scimath/9512
Han, W., Susanto, D., Dewayan, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi [Numeracy Literacy Support Materials]. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hertiandito, Tito. L. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Pada Pembelajaran Knisley dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2011.
Iwamoto, D. H., Hargis, J., Bordner, R., & Chandler, P. (2017). Self-Regulated Learning as a Critical Attribute for Successful Teaching and Learning. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 11(2). https://doi.org/10.20429/ijsotl.2017.110207
Juniansyah, J., Mariyam, M., & Buyung, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2224
Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2). https://doi.org/10.12973/ejmste/76959
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Maulidina, A. P. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408
Nurhikmah. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Tipe Climbers Pada Kelas X Mia SMA Negeri 1 Takalar Berdasarkan Gender. Jurusan Teknik Kimia USU, 3(1).
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Sugioyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, C., & Sumarmo, U. (2016). Penalaran Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Generatif. Edusentris, 3(3). https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i3.239
Taherdoost, H. (2021). Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose Data Collection Technique for Academic and Business Research. In International Journal of Academic Research in Management (IJARM) (Vol. 2021, Issue 1).
Tambunan, T. D. A., & Mukhtar. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan. Journal of Student Research (JSR), 1(3), 75-98. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1260
Unlu, M., Ertekin, E., & Dilmac, B. (2017). Predicting relationships between mathematics anxiety, mathematics teaching anxiety, self-efficacy beliefs towards mathematics and mathematics teaching. International Journal of Research in Education and Science, 3(2). https://doi.org/10.21890/ijres.328096
Wijayanti, P., & Matematika, J. (2020). Analisis literasi matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP pada pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbatuan schoology. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3.
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2). https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
DOI: 10.30595/alphamath.v10i1.21642
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2549-9084