EFEKTIFITAS KONSELING LAKTASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA IBU HAMIL TRIMESTER III

Happy Dwi Aprilina, Kris Linggardini

Abstract


Latar belakang: Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan pertama, utama dan paling baik bagi bayi. Pemberian ASI Eksklusif bagi bayi dapat menekan angka kematian bayi (AKB) yang disebabkan oleh berbagai penyakit infeksi. Salah satu penyebab kegagalan pemberian ASI Eksklusif adalah pengetahuan ibu tentang ASI Eksklusif. Konseling laktasi dapat meningkatkan pengetahuan, merubah persepsi yang salah serta meningkatkan kepercayaan diri ibu dalam memberikan ASI Eksklusif.
Tujuan: mengetahui efektifitas konseling laktasi pada ibu hamil trimester ketiga terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Sokaraja 1 Banyumas.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan quasy eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest untuk mengetahui efektifitas konseling laktasi terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil trimester ketiga dengan n=48 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Subjek penelitian yaitu ibu hamil trimester ketiga di wilayah kerja Puskesmas Sokaraja 1 Banyumas. Uji wilcoxon adalah uji untuk menganalisis penelitian ini.
Hasil: Pada variabel pengetahuan ibu diperoleh nilai p = 0,000 (p<0,05), disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan yang bermakna antara sebelum konseling laktasi dengan sesudah konseling laktasi. Pada sikap ibu diperoleh nilai p = 0,001 (p<0,05), disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sikap ibu yang bermakna antara sebelum konseling laktasi dengan sesudah konseling laktasi.
Kesimpulan:Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap ibu yang bermakna antara sebelum konseling laktasi dengan sesudah konseling laktasi

Kata Kunci: Konseling laktasi, ASI Eksklusif, Pengetahuan, Sikap Ibu, Menyusui

Keywords


Kata Kunci: Konseling laktasi, ASI Eksklusif, Pengetahuan, Sikap Ibu, Menyusui

Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/medisains.v13i1.1820

ISSN: 2621-2366