Abu Bakr Al-Razi di Antara Agama dan Sains
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v22i2.10278Keywords:
Abu Bakr Al-Razi, , Agama, Sains, IntegrasiAbstract
Abu Bakr Muhammad Zakariya al-Razi (864-930 M), seorang ilmuan besar khususnya dalam bidang kedokteran yang telah berkontribusi besar dalam dunia science dengan magnum opusnya Al-Hāwī fī al-Ṭibb. Dalam sosok al-Razi terhimpun kualifikasi paradigma teosentris sekaligus paradigma antroposentris tetapi menolak “konsep kenabian” yang menjadikannya berada dalam problem besar dan mendapat vonis al-mulḥid (ateis). Problem utama ini mendasari ketertarikan penulis untuk menelusuri lebih jauh tentang latar belakang munculnya pemikiran tersebut, pandangan al-Razi tentang hubungan religion and science khususnya dalam bidang kedokteran, dan relevansinya dengan perkembangan science di zaman sekarang khusunya dalam bidang kesehatan dan kedokteran. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan menjadikan karya al-Razi sebagai sumber primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemikirannya yang sangat problematis tentang kenabian dan wahyu tersebut tidak menghilangkan nuansa keilahian dalam karyanya di bidang kedokteran. Sedangkan dalam skema Ian G. Barbour, pemikiran tersebut menunjukkan kecondongan terhadap pola hubungan dialog (berkomunikasi) dan integrasi, di mana sains dan agama dapat saling terbuka dan saling menghormati sekaligus saling memahami bahwa kawasan dan tujuan keduanya adalah sama.
References
’Abd, ‘Abd al-Latif Muhammad al. (n.d.). al-Nubuwwah. In Ṭibb al-Rūḥānī (p. 13). Kairo: Maktabah al-Nahdah al-‘Asyriyah.
Abdullah, A. (1995). Falsafah Kalam di Era Postmodernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abdullah, A. (2003). Menyatukan Kembali Ilmu-Ilmu Agama dan Umum: Upaya Mempertemukan Epistiemologi Islam dan Umum. Yogyakarta: SUKA Press.
Abdullah, A. (2015). Agama, Ilmu Dan Budaya: Membuka Ruang Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan. Purwokerto.
Aktar, W., Sengupta, D., Chemicals, A., Chandra, B., Viswavidyalaya, K., & Bengal, W. (2011). The Modern Medical Science: A Journet Through History. International Journal of Medical and Biological Frontiers, 17(3), 241–256.
al Faruqi, I. R. (2003). Islamisasi Pengetahuan (3rd ed.; T. dan A. M. Lubis, Ed.). Bandung: Penerbit Pustaka.
al Jabiri, M. ‘Abid. (1989). Takwīn al-‘Aql al-‘Arabī (4th ed.). Beirut: Markaz Dirasat al-Wihdah al-‘Arabiyah.
al Jabiri, M. ‘Abid. (1990). Bunyah al-‘Aql al-‘Arabī; Dirāsah Taḥlīliyyah Naqdiyyah li Nuẓūm al-Ma‘rifah fĩ al-Ṡaqāfah al-‘Arabiyyah. Beirut: Markaz Dirasah al-Wihdah al-‘Arabiyyah.
al Razi, A. B. Z. (n.d.). Ṭibb al-Rūḥānī (A. ’Abd al L. Abd, Ed.). Kairo: Maktabah al-Nahdah al-‘Asyriyah.
al Razi, A. B. Z. (1977). Akhlāq al-Ṭabīb Risālah Li Abī Bakr Muḥammad Zakariyyā al-Rāzī ilā Ba’ḍ Talāmiżihi (A. M. al ’Abd, Ed.). Kairo: Darl al Turas.
al Razi, A. B. Z. (2000). Al Ḥāwī fī al Ṭibb (1st ed.; M. Ismail, Ed.). Beirut: Dar al-Kutb al-‘Ilmiyah.
al Zahabi, A. bin ‘Utsman. (1996). Siyar A’lām al-Nubalā’ (11th ed.). Beirut: Muassasah al-Risalah.
Amr, S. S., & Tbakhi, A. (2007). Abu Bakr Muhammad Ibn Zakariya Al Razi (Rhazes): Philosopher, Physician and Alchemist. Annals of Saudi Medicine, 27(4), 305–307. Retrieved from https://www.annsaudimed.net/doi/full/10.5144/0256-4947.2007.305
Amri, A. B. (2012, February 18). Pakar: Putusan MK Terkait Anak di Luar Nikah Dekati Aturan KUH Perdata. Retrieved from Dakwatuna website: https://www.dakwatuna.com/2012/02/18/18766/pakar-putusan-mk-terkait-anak-di-luar-nikah-dekati-aturan-kuh-perdata/#axzz6POrJRofy
Babour, I. G. (2002). Juru Bicara Tuhan antara Sains dan Agama. Bandung: Mizan.
Badawi, A. R. (1996). Muhammad ibn Zakariyya Al-Razi. In M. . Syarif (Ed.), Para filosof Muslim. Bandung: Mizan.
Deuraseh, N. (2008). Risalat al-Biruni fi Fihrist Kutub al-Razi: A Comprehensive Bibliography of the Works of Abu Bakr al-Rāzī (D. 313 A.H/925) and al-Birūni (D. 443/1051). Jurnal Akidah & Pemikiran Islam, 8(1), 51–100. Retrieved from http://mojem.um.edu.my/index.php/afkar/article/view/5872
Guessoum, N. (2011). Islam dan Sains Modern (Maufur, Ed.). Bandung: Mizan.
Gutas, D. (1998). Greek Thought in Arabic Culture: The Graeco-Arabic Translation Movement in Baghdad and Early ‘Abbasid Society (2nd-4th / 8th-10th Centuries). London: Routledge.
Hamza, S. (2016). Anna Winterbottom and Facil Tesfaye (eds.), Histories of Medicine and Healing in the Indian Ocean World, vol. 1: The Medieval and Early Modern Period. The British Journal for the History of Science, 94(4), 643–644. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/S0007087416001230
Hodgson, M. G. S. (1974). The Venture of Islam. Chicago: University of Chicago Press.
Hodgson, M. G. S. (2002). The Venture of Islam (1st ed.; M. Kartanegara, Ed.). Jakarta: Paramadina.
Istianah. (2020). Morals of Doctor According to Abū Bakral-Rāzī’s View. Al-Irsyad: Journal of Islamic and Contemporary Issues, 5(1), 244–252. Retrieved from http://al-irsyad.kuis.edu.my/index.php/alirsyad/article/view/53
Karaman, H. (2011). Abu Bakr al-Razi (Rhazes) and Medical Ethics. Ondokuz Mayıs Üniversitesi İlahiyat Fakültesi Dergisi, 30(30), 77-87–87. https://doi.org/10.17120/omuifd.38637
Kartanegara, M. (2007). Mengislamkan Nalar Sebuah Respons terhadap Modernitas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lakhtakia, R. (2014). A Trio of Exemplars of Medieval Islamic Medicine Al-Razi, Avicenna and Ibn Al-Nafis. Sultan Qaboos University Medical Journal, 14(4), e455–e459. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4205055/
Maimun, A. (2015). Seyyed Hossein Nasr Pergulatan Sains dan Spiritualitas Menuju Paradigma Kosmologi Alternatif (1st ed.; Y. Fe, Ed.). Yogyakarta: IRCiSoD.
Moosa, E. (2006). Perjumpaan Sains dan Yurisprudensi: Pelbagai Pandangan tentang Tubuh dalam Etika Islam Modern. In M. I. dan S. N. H. Ted Petters (Ed.), Tuhan, Alam, Manusia: Perspektif Sains dan Agama. Bandung: PT. Mizan.
Mu’tasim, R. (2007). Keilmuan Integrasi dan Interkoneksi Bidang Agama dan Kealaman. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Suka.
Nasr, S. H. (1997). Sains dan Peradaban di dalam Islam (2nd ed.; J. Mahyudin, Ed.). Bandung: Pustaka.
Nasr, S. H. (2006). Islamic Philosophy from its Origin to the Present. New York, USA: State University of New York Press.
Nasution, H. (1974). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya (B. Bintang, Ed.). Jakarta.
Nasution, H. (1993). Falsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Universitas Indonesia.
Pormann, P. E. (2013). Qualifying and quantifying medical uncertainty in 10th-century Baghdad: Abu Bakr al-Razi. Journal of the Royal Society of Medicine, 106(9), 370–372. https://doi.org/10.1177/0141076813496515
Rifai, A. A. (2019). Arrange eating fruit For Abu Bakr al-Razi(311 e) Investigation and study. Islamic Sciences Journal, 31(1), 153–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25130/islam.v31i1.116
Sabra, A. E. (1987). The Appropriation and Subsequent Naturalization of Greek Science in Medieval Islam: A Preliminary Statement. History of Science, 223–243.
Sapsuha, T. (2013). Struktur Nalar di Balik Polemik Teologi dan Filsafat Islam. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 1(1), 109–130. Retrieved from http://ia-ushuluddin.stainkudus.ac.id/files/Jurnal Fikroh Edisi Jan-Jun 2013.pdf
Stroumsa, S. (2013). Para Pemikir Bebas Islam (2nd ed.; K. Nahdiyyin, Ed.). Yogyakarta: LKiS.
Sumantri, J. S. S. (2003). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer (16th ed.). Jakarta: Sinar Harapan.
Tibi, S. (2006). Al-Razi and Islamic medicine in the 9th century. Journal of the Royal Society of Medicine, 99(4), 206–207. Retrieved from https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/014107680609900425
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.