Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguruan Tinggi Umum
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1324Keywords:
Pendidikan Agama, kelemahan pendidikan, pemberdayaan pendidik, kebijakan, strategiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mencari tahu akar permasalahan kurang efektifnya pendidikan agama di Indonesia. Berikutnya, mencari solusi bagaimana seharusnya umat Islam melangkah dalam rangka mewujudkan pendidikan Agama Islam yang efektif untuk mencetak kader umat dan kader bangsa yang baik. Dari penelusuran penulis dapat disimpulkan pertama, bahwa kelamahan Pendidikan Agama (PA) ada beberapa hal meliputi (a) PA hanya sebagai pelengkap, bukan sebagai sesuatu yang utama, (b) stressing pembelajaran PA pada aspek kognitif, belum menyentuh aspek afektif dan psikomotorik, (c) metode pembelajaran PA bersifat indoktrinatif/ tradisional, (d) rendahnya mutu pendidik dan tenaga kependidikan, (e) terbatasnya sarana dan prasarana dan (f) derasnya serangn media cetak dan elektronik yang berisi konten negatif.. Adapun konsep pemberdayaan PA yang ditawarkan mencakup tiga hal, yaitu pemberdayaan pendidik, kebijakan pendidikan agama, dan stressingnya. Pemberdayaan pendidik dimaksud adalah dimilikinya empat kompetensi (paedagogik, professional, kepribdian dan sosial) dan memiliki rasa cinta (yaitu rasa cinta terhadap tugasnya dan rasa cinta kepada peserta didik). Pemberdayaan kebijakan pendidikan agama yang dimaksud adalah pengaturan, peraturan dan kebijakan-kebijakan untuk memberdayakan pendidikan agama Islam. Sedang stressing PAI yang dimaksud adalah bukan transfer ilmu agama melainkan transfer nilai (internalisasi nilai-nilai keagamaan) yang dilakukan dengan strategi, pendekatan dan metode tertentu.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.