MODEL MANAJEMEN KELAS : PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN ( PAKEM )
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1658Keywords:
Manajemen kelas, aktif, kreatif dan efektifAbstract
Dunia pendidikan kita semakin membutuhkan sumber daya insani yang baik dan bermutu, yang mampu meningkatkan kualitas bangsa, mengembangkan karakter, memberikan keunggulan dan kemampuan berkreasi, sehingga diharapkan mampu melahirkan generasi muda bangsa yang tangguh dan bermutu serta mempunyai daya saing, baik regional maupun internasional. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orang membutuhkan produk atau hasil yang bermutu, apakah itu sebagai produk barang dari pabrikan atau korporasi maupun produk sebuah ‘industri jasa’, yang tergolong produk ‘intangible’, yang tak nampak secara fisik (konkrit) termasuk pendidikan.
Pendidikan yang bermutu secara mikro dapat kita lihat indikatornya melalui manajemen di dalam kelas. Bagaimana seorang guru dapat mentransformasikan ilmu kepada peserta didik secara efektif, sehingga memperoleh hasil keterserapan yang tinggi dan mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Dalam Undang-undang RI Nomor 20 Pasal 40, ayat (2) tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, antara lain disebutkan: Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.
Proses Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) adalah salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan secara mikro serta bagaimana seorang guru dalam mengelola pembelajaran yang efektif di dalam kelas.
References
Mulyasa. 2003. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Dep. Agama RI.
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta : Penerbit Andi,
Harry Pujianto. T.Th. Manajemen Sumber Daya Manusia. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.
Gordon Dryden, Jeannette Vos. 2000. Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution). Bandung : Mizan Media Utama.
Mastuki. 2001. Menelusuri Pertumbuhan Madrasah di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Dep. Agama RI.
Nana Syaodih Sukmadinata, 2011. Metode Penelitian Pendidkan. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Indrawati. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Untuk Guru SD. Jakarta : Penerbit PPPPTK IPA,
What is Contextual Teaching and Learning ? http://www.cew.wisc.edu/technet/ctl
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.