MODEL MANAJEMEN KELAS : PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN ( PAKEM )

Authors

  • Wahyudhiana W STAIN Salatiga
  • Darodjat D FAI UMP

DOI:

https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1658

Keywords:

Manajemen kelas, aktif, kreatif dan efektif

Abstract

Dunia pendidikan  kita  semakin  membutuhkan  sumber daya insani  yang baik dan bermutu, yang mampu  meningkatkan kualitas bangsa, mengembangkan karakter, memberikan keunggulan dan kemampuan berkreasi, sehingga diharapkan mampu melahirkan generasi muda bangsa yang tangguh dan bermutu serta  mempunyai daya saing,  baik regional maupun internasional. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orang membutuhkan produk atau hasil yang bermutu, apakah  itu sebagai produk barang dari pabrikan atau korporasi maupun produk sebuah  ‘industri jasa’, yang tergolong produk ‘intangible’, yang tak nampak secara fisik (konkrit) termasuk pendidikan.


Pendidikan yang bermutu secara mikro dapat kita lihat indikatornya melalui manajemen  di dalam kelas. Bagaimana seorang guru dapat mentransformasikan ilmu  kepada peserta didik secara efektif, sehingga memperoleh hasil keterserapan yang tinggi dan mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan.   Dalam Undang-undang RI  Nomor 20 Pasal 40, ayat (2) tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, antara lain disebutkan: Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.


Proses Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) adalah salah  satu  upaya peningkatan mutu pendidikan secara mikro serta bagaimana seorang guru dalam mengelola pembelajaran yang efektif di dalam kelas.

References

Mulyasa. 2003. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Dep. Agama RI.

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta : Penerbit Andi,

Harry Pujianto. T.Th. Manajemen Sumber Daya Manusia. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.

Gordon Dryden, Jeannette Vos. 2000. Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution). Bandung : Mizan Media Utama.

Mastuki. 2001. Menelusuri Pertumbuhan Madrasah di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Dep. Agama RI.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2011. Metode Penelitian Pendidkan. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Indrawati. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Untuk Guru SD. Jakarta : Penerbit PPPPTK IPA,

What is Contextual Teaching and Learning ? http://www.cew.wisc.edu/technet/ctl

Downloads

How to Cite

W, W., & D, D. (2015). MODEL MANAJEMEN KELAS : PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN ( PAKEM ). Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 15(2), 35–42. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1658

Issue

Section

Artikel