UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IBADAH KOMPETENSI DASAR SALAT JUMAT MELALUI MEDIA FILM PADA SISWA KELAS VII D DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1813Keywords:
Media, film, minat, belajar.Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan minat belajar mata pelajaran Ibadah kompetensi dasar Salat Jumat melalui media film pada siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan teknik analisis kritis.
Dari hasil analisis, kesimpulan yang diperoleh adalah dengan adanya pemanfaatan media film dalam pembelajaran Ibadah kompetensi dasar Salat Jumat di kelas VII D motivasi belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil angket minat yang mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata pada siklus I adalah 2,1 sedangkan pada siklus II menjadi 3,4. Ditambah lagi dengan hasil wawancara dengan beberapa siswa kelas VII D yang menyatakan bahwa semua merasa tertarik untuk mengikuti pembelajaran menggunakan media film. Hal ini membuktikan bahwa setelah menggunakan media film, minat belajar siswa terhadap materi Salat Jumat semakin meningkat khususnya pada kelas VII D.
References
Anitah, Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.
Arsyar. 2012. Kreatif dan Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi.
Azhar, Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafido.
Aqib Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
_____________. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Cresswell, J. 2007. Research Design Pendekatan Kualitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jamaludin, Syakir. 2010. Kuliah Fiqh Ibadah. Yogyakarta: LPPI UMY.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Lexy J. Moleong. 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution. 2009. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Partanto, Al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Popoler. Surabaya: Arkola.
Rasyid, Sulaiman. 2010. Fiqh Islam. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arief S.2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Satori Djam‟an. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, D. 2008. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.