Literasi Keuangan Digital untuk Menumbuhkan Minat Investasi pada Siswa SMKN 1 Tegal

Yanti Puji Astutie, Ira Maya Hapsari, Setyowati Subroto

Abstract


Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran penggunaan uang bagi siswa SMK di Kabupaten Tegal dengan target sasaran menjadikan siswa sebagai masyarakat pembelajar dan berliterasi di tengah derasnya arus informasi. Kegiatan ini dilakukan melalui penggalian pengetahuan awal siswa mengenai perolehan uang dari sumber utama yaitu orang tua serta cara pembelanjaan uang yang dimiliki serta adanya potensi uang yang disisihkan untuk investasi. Siswa SMK telah memperoleh mata pelajaran awal di sekolah mengenai dasar manajemen keuangan. Semakin banyaknya produk digital yang menawarkan berbagai metode dan skema investasi disertai dengan minimnya tingkat literasi keuangan menyebabkan semakin tinginya kasus investasi bodong. Korban investasi bodong bisa saja adalah keularga dekat siswa tersebut denan kerugian yang tidak sedikit. Untuk itu siswa harus memiliki pengetahuan dan kesadaran yang cukup dalam membendung arus informasi yang tidak dapat diyakini kebenarannya. Hal ini membutuhkan bantuan dan peran pihak ketiga misalnya Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki tenaga ahli dan teori yang siap dipraktikkan di lapangan. Dosen bersama dengan mahasiswa diharapkan mampu lebih peka terhadap permasalahan masyarakat sekitar dan dapat memberikan solusi penyelesaian. Dengan demikian siswa sebagai generasi penerus bangsa akan lebih kuat memimpin negara Indonesia seiring perkembangan lingkungan di masa yang akan datang.


Keywords


Literasi Keuangan; Keuangan Digital; Investasi; Siswa

References


Al Ghamdy, Y. et al., 1999. Psychotropic drugs prescriptions in al-Qassim region, Saudi Arabia. EMHJ-Eastern Mediterranean Health Journal, 5(1), pp. 27 - 34.

Astuti, E., 2013. Perilaku konsumtif dalam membeli barang pada ibu rumah tangga di Kota Samarinda.. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi,, 1(2).

BPS, 2020. Sensus Penduduk Indonesia, Jakarta: Badan Pusat Statistik.

GoBear, 2020. gobear.com. [Online] Available at: https://www.gobear.com/id/blog/personal-finance/ternyata-ini-lho-skor-kesehatan-keuangan-indonesia-di-2020
[Accessed 12 Februari 2021].

Hayhoe, C., Leach, L. & Turner, P., 1999. Discriminating the number of credit cards held by college students using credit and money attitudes.. Journal of economic psychology,, 20(6), pp. 643 - 56.

John, D., 1999. Consumer socialization of children: A retrospective look at twenty-five years of research. Journal of consumer research, 26(3), pp. 183 - 213.

Klapper, L., Lusardi, A. & Oudheusden, P. v., 2019. Financial Literacy Around The World, New York: World Bank.

Norvilitis, J., Szablicki, P. & Wilson, S., 2003. Factors influencing levels of credit-card debt in college students. Journal of Applied Social Psychology, 33(5), pp. 935 - 947.

OJK, 2019. Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Stillman, D., & Stillman, J. (2014). Generasi Z, Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan mengubah dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.11175

Copyright (c) 2023 Yanti Puji Astutie, Ira Maya Hapsari, Setyowati Subroto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347