Literasi Keuangan Digital untuk Menumbuhkan Minat Investasi pada Siswa SMKN 1 Tegal
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.11175Keywords:
Literasi Keuangan, Keuangan Digital, Investasi, SiswaAbstract
Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran penggunaan uang bagi siswa SMK di Kabupaten Tegal dengan target sasaran menjadikan siswa sebagai masyarakat pembelajar dan berliterasi di tengah derasnya arus informasi. Kegiatan ini dilakukan melalui penggalian pengetahuan awal siswa mengenai perolehan uang dari sumber utama yaitu orang tua serta cara pembelanjaan uang yang dimiliki serta adanya potensi uang yang disisihkan untuk investasi. Siswa SMK telah memperoleh mata pelajaran awal di sekolah mengenai dasar manajemen keuangan. Semakin banyaknya produk digital yang menawarkan berbagai metode dan skema investasi disertai dengan minimnya tingkat literasi keuangan menyebabkan semakin tinginya kasus investasi bodong. Korban investasi bodong bisa saja adalah keularga dekat siswa tersebut denan kerugian yang tidak sedikit. Untuk itu siswa harus memiliki pengetahuan dan kesadaran yang cukup dalam membendung arus informasi yang tidak dapat diyakini kebenarannya. Hal ini membutuhkan bantuan dan peran pihak ketiga misalnya Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki tenaga ahli dan teori yang siap dipraktikkan di lapangan. Dosen bersama dengan mahasiswa diharapkan mampu lebih peka terhadap permasalahan masyarakat sekitar dan dapat memberikan solusi penyelesaian. Dengan demikian siswa sebagai generasi penerus bangsa akan lebih kuat memimpin negara Indonesia seiring perkembangan lingkungan di masa yang akan datang.
References
Al Ghamdy, Y. et al., 1999. Psychotropic drugs prescriptions in al-Qassim region, Saudi Arabia. EMHJ-Eastern Mediterranean Health Journal, 5(1), pp. 27 - 34.
Astuti, E., 2013. Perilaku konsumtif dalam membeli barang pada ibu rumah tangga di Kota Samarinda.. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi,, 1(2).
BPS, 2020. Sensus Penduduk Indonesia, Jakarta: Badan Pusat Statistik.
GoBear, 2020. gobear.com. [Online] Available at: https://www.gobear.com/id/blog/personal-finance/ternyata-ini-lho-skor-kesehatan-keuangan-indonesia-di-2020
[Accessed 12 Februari 2021].
Hayhoe, C., Leach, L. & Turner, P., 1999. Discriminating the number of credit cards held by college students using credit and money attitudes.. Journal of economic psychology,, 20(6), pp. 643 - 56.
John, D., 1999. Consumer socialization of children: A retrospective look at twenty-five years of research. Journal of consumer research, 26(3), pp. 183 - 213.
Klapper, L., Lusardi, A. & Oudheusden, P. v., 2019. Financial Literacy Around The World, New York: World Bank.
Norvilitis, J., Szablicki, P. & Wilson, S., 2003. Factors influencing levels of credit-card debt in college students. Journal of Applied Social Psychology, 33(5), pp. 935 - 947.
OJK, 2019. Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.
Stillman, D., & Stillman, J. (2014). Generasi Z, Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan mengubah dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.