PKM Pelatihan Pemanfaatan Interactive Whiteboard dalam Pembelajaran Daring bagi Guru

Merry Lapasau, Virgana Virgana, Mamik Suendarti, Hasbullah Hasbullah

Abstract


Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ini menuntut kreativitas guru dalam memberikan pembelajaran yang menarik dan mudah dimengerti walaupun dilakukan secara daring. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan aplikasi smartboard khususnya mengenai fitur interactive whiteboard (selanjutnya, IWB) kepada guru sekolah menengah dalam pembelajaran daring. Pelatihan ini berlangsung secara daring melalui media zoom meeting dan merupakan salah satu dari rangkaian pelatihan yang dilaksanakan Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta pada tanggal 17 Februari dan 24 Februari 2021. Hasil dari pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan solusi alternatif bagi para guru dalam memberikan pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19. Pelatihan penggunaan IWB ini telah memberi kontribusi bagi para guru berupa ilmu dan wawasan tentang teknologi pendidikan mutakhir. Selain itu, melalui pelatihan ini diharapkan para guru dapat meningkatkan kemahiran dalam mengajar yaitu dengan melakukan berbagai teknik dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pandemi saat ini, salah satunya melalui pemanfaatan aplikasi smartbord.


Keywords


Smartboard; IWB; Pembelajaran Daring

References


Alghamdi, A. (2015). An Investigation of Saudi Teachers’ Attitudes towards IWBs and their Use for Teaching and Learning in Yanbu Primary Schools in Saudi Arabia. International Journal of Arts and Sciences, 8(6), 539-554

DiGregorio, P., & Sobel-Lojeski, K. (2010). The effects of interactive whiteboards (IWBs) on student performance and learning: A literature review. Journal of Educational Technology Systems, 38(3), 255-312.

Durán, A., & Cruz, M. (2011). The Interactive Whiteboard and foreign Language Learning: A Case Study. Porta Linguarum, 15, 211-231.

Hüseyin Ö. Z. (2014). Teachers' and Students' Perceptions of Interactive Whiteboards in the English as a Foreign Language Classroom. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(3), 156-177.

Ishtaiwa, F. F., & Shana, Z. (2011). The Use of Interactive Whiteboard (IWB) by Pre- service Teachers to enhance Arabic Language Teaching and Learning. Learning and Teaching in Higher Education: Gulf Perspectives, 8 (2), 1-18.

Jelyani, S. J., Janfaza, A., & Soori, A. (2014). Integration of Smart Boards in EFL Classrooms. International Journal of Education & Literacy Studies, 2(2), 20-23. doi:10.7575/aiac.ijels.v.2n.2p.20

Mahfuz Rizqi Mubarak et.al, (2020). Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif dalam Pembelajaran Maharah Kalam di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19) Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Vol. 4, No. 2, 2020, hlm.211-226 DOI: 10.29240/jba.v4i2.1445

Mathews-Aydinli, J., & Elaziz, F. (2010). Turkish Students' and Teachers' Attitudes Toward the Use of Interactive Whiteboards in EFL Classrooms. Computer Assisted Language Learning, 23(3), 235-252.

Ömer Faruk Sözcüa, İsmail İpek. (2012). Instructional, Technological and Psychological Approaches of Using IWBs: A Framework. Procedia-Social and Behavioral Sciences 55:990-999 DOI: 10.1016/j.sbspro.2012.09.589

Rajabi, A., & Khodabakhshzadeh, H. (2015). The Effect of Implementation of Smart Board on Iranian Lower Intermediate EFL Learners' Reading Comprehension and Their Intrinsic Motivation in Reading. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6 (4), 281-289. DOI: 10.5901/mjss. 2015.v6n4 s1p281

Waqar Ahmad. et al., (2017). The Impact of IWB on Preparatory Year EFL Learners’ Motivation at a Saudi University. Advances in Language and Literary Studies Vol. 8 No. 3; June 2017 pp 172-180

Yáñez, L., & Coyle, Y. (2011). Children's Perceptions of Learning with an Interactive Whiteboard. ELT Journal, 65(4), 446-457.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.11233

Copyright (c) 2023 Merry Lapasau, Virgana Virgana, Mamik Suendarti, Hasbullah Hasbullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347