Pengabdian kepada Masyarakat untuk Peningkatan Kemampuan Komunikasi Visual melalui Pelatihan Canva

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.21795

Keywords:

Canva, Komunikasi, Pelatihan, Pendidikan, Visual

Abstract

Penggunaan Canva dalam komunikasi pendidikan telah menarik perhatian, namun pengabdian yang mengeksplorasi penggunaannya dalam pengumuman dan komunikasi dengan mahasiswa masih terbatas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bekerja sama dengan staf program studi dan akademik Universitas Bumigora untuk mengoptimalkan komunikasi visual melalui pelatihan penggunaan Canva. Fokus pelatihan adalah pada pembuatan pengumuman dan komunikasi yang lebih efektif dengan mahasiswa. Metode pengabdian mengikuti pendekatan partisipatif dan service learning. Hasil kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat kepercayaan diri dan kemampuan dalam desain grafis setelah pelatihan. Perubahan sosial dan perilaku positif juga teramati di kalangan peserta. Dari perspektif teoritis, temuan ini didukung oleh teori desain visual dan pembelajaran berbasis layanan. Kesimpulan menunjukkan bahwa pelatihan Canva efektif dalam meningkatkan kualitas komunikasi visual antara lembaga pendidikan dengan mahasiswa. Rekomendasi termasuk melanjutkan dan memperluas pelatihan ke unit lain serta melakukan monitoring terhadap implementasi hasil pelatihan.

Author Biographies

Neny Sulistianingsih, Universitas Bumigora

Lecturer at Departement Computer Science, Faculty of Engineering

Hasbullah Hasbullah, Universitas Bumigora

Lecturer of Department of Visual Communication Design, Faculty of Arts and Design

Galih Hendro Martono, Universitas Bumigora

Lecturer of Department computer science, Faculty of Engineering

References

Aiello, G. (2023). Visual communication has always been political. Journal of Visual Political Communication, 10(1), 7–16. Retrieved from https://doi.org/10.1386/jvpc_00021_1

Dündar, E., & Donmez, L. (2023). A Techno-Innovative Approach to Visual Communication Design in Geograpphy Teaching: Canva. Journal of Social Sciences and Education, 6(2), 212–233.

Ekowati, M. A. S., Dananti, K., Wening, S., & Nigrum, E. D. P. (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Canva pada Matakuliah Jaringan Komputer. Journal Informatic Technology And Communication, 7(1), 10–19.

Halid, Y., & Fajrin, F. N. (2023). Visual Communication Design Analysis of the Instagram Account @SOHIB.QURAN. Pallaka: Media and Islamic Communication, 4(1), 86–99.

Hidayah, L. (2023). Analisis Desain Komunikasi Visual Dakwah Pada Akun Instagram @nuonlinejatim Sebagai Media Dakwah di Era digital. AN-NASHIHA Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, 3(1), 24–37. Retrieved from https://doi.org/10.55352/an-nashiha.v3i1.302

Idham, I., & Dinata, M. I. (2023). Pendampingan Branding Produk Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Pada LKP Khiara Training Centre. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 169–177. Retrieved from https://doi.org/10.29303/rengganis.v3i2.354

Khasanah, D. M., Masduki, M., & Haryanto, S. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Khazanah Pendidikan, 18(1), 114. Retrieved from https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.21323

Marisha, N., & Rohita, S. (2023). Facebook Official Pages as Sites of Market Development: A Comparative Netnographic Study of Canva and Visme. International Journal of Professional Business Review, 8(7), 1–15. Retrieved from https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i7.2337

Putri, M. A., & Jusra, H. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Dengan Animasi Berbasis Canva Pada Peserta Didik Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(01), 164–174. Retrieved from https://doi.org/10.21009/jpd.v13i01.29752

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 292–306.

Russmann, U., Svensson, J., & Larsson, A. O. (2019). Political Parties and Their Pictures: Visual Communication on Instagram in Swedish and Norwegian Election Campaigns. Visual Political Communication, 119–144. Retrieved from https://doi.org/10.1007/978-3-030-18729-3_7

Sintiawati, A., Jamhari, M., & N Tangge, L. (2024). Development of Canva Application-Based Motion Audio-Visual Media For The Creative Thinking Skills of Grade X Students at SMAN 1 Parigi Utara. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(3), 1018–1034. Retrieved from https://doi.org/10.59141/jist.v5i3.982

Sundari, J., Sobari, I. A., & Akbar, F. (2024). Pelatihan Media Promosi Dengan Canva Menuju UMKM Naik Kelas Pada UMKM Pasar Kemis Tangerang, 4(April), 46–50.

Swandi, I. W., & Nuriarta, I. W. (2023). Komunikasi Visual Kajang Dalam Upacara Ngaben di Bali. Jurnal Bahasa Rupa, 6(2), 136–144. Retrieved from https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i2.1313

Wahyuni, M., Yanto, Y., & Maryaningsih, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Promosi Usaha Online Di Kota Bengkulu. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 10(2), 787–802. Retrieved from https://doi.org/10.37676/professional.v10i2.5201

Yunita, N., Linda, R., & M Noer, A. (2023). Development of comic-based electronic modules using canva design in elements periodic system material in class X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Kimia, 15(1), 60–67. Retrieved from https://doi.org/10.24114/jpkim.v15i1.41668

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Sulistianingsih, N., Hasbullah, H., & Martono, G. H. (2024). Pengabdian kepada Masyarakat untuk Peningkatan Kemampuan Komunikasi Visual melalui Pelatihan Canva. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(3), 447–454. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.21795

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.