Pengabdian kepada Masyarakat untuk Peningkatan Kemampuan Komunikasi Visual melalui Pelatihan Canva
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.21795Keywords:
Canva, Komunikasi, Pelatihan, Pendidikan, VisualAbstract
Penggunaan Canva dalam komunikasi pendidikan telah menarik perhatian, namun pengabdian yang mengeksplorasi penggunaannya dalam pengumuman dan komunikasi dengan mahasiswa masih terbatas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bekerja sama dengan staf program studi dan akademik Universitas Bumigora untuk mengoptimalkan komunikasi visual melalui pelatihan penggunaan Canva. Fokus pelatihan adalah pada pembuatan pengumuman dan komunikasi yang lebih efektif dengan mahasiswa. Metode pengabdian mengikuti pendekatan partisipatif dan service learning. Hasil kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat kepercayaan diri dan kemampuan dalam desain grafis setelah pelatihan. Perubahan sosial dan perilaku positif juga teramati di kalangan peserta. Dari perspektif teoritis, temuan ini didukung oleh teori desain visual dan pembelajaran berbasis layanan. Kesimpulan menunjukkan bahwa pelatihan Canva efektif dalam meningkatkan kualitas komunikasi visual antara lembaga pendidikan dengan mahasiswa. Rekomendasi termasuk melanjutkan dan memperluas pelatihan ke unit lain serta melakukan monitoring terhadap implementasi hasil pelatihan.
References
Aiello, G. (2023). Visual communication has always been political. Journal of Visual Political Communication, 10(1), 7–16. Retrieved from https://doi.org/10.1386/jvpc_00021_1
Dündar, E., & Donmez, L. (2023). A Techno-Innovative Approach to Visual Communication Design in Geograpphy Teaching: Canva. Journal of Social Sciences and Education, 6(2), 212–233.
Ekowati, M. A. S., Dananti, K., Wening, S., & Nigrum, E. D. P. (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Canva pada Matakuliah Jaringan Komputer. Journal Informatic Technology And Communication, 7(1), 10–19.
Halid, Y., & Fajrin, F. N. (2023). Visual Communication Design Analysis of the Instagram Account @SOHIB.QURAN. Pallaka: Media and Islamic Communication, 4(1), 86–99.
Hidayah, L. (2023). Analisis Desain Komunikasi Visual Dakwah Pada Akun Instagram @nuonlinejatim Sebagai Media Dakwah di Era digital. AN-NASHIHA Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, 3(1), 24–37. Retrieved from https://doi.org/10.55352/an-nashiha.v3i1.302
Idham, I., & Dinata, M. I. (2023). Pendampingan Branding Produk Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Pada LKP Khiara Training Centre. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 169–177. Retrieved from https://doi.org/10.29303/rengganis.v3i2.354
Khasanah, D. M., Masduki, M., & Haryanto, S. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Khazanah Pendidikan, 18(1), 114. Retrieved from https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.21323
Marisha, N., & Rohita, S. (2023). Facebook Official Pages as Sites of Market Development: A Comparative Netnographic Study of Canva and Visme. International Journal of Professional Business Review, 8(7), 1–15. Retrieved from https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i7.2337
Putri, M. A., & Jusra, H. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Dengan Animasi Berbasis Canva Pada Peserta Didik Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(01), 164–174. Retrieved from https://doi.org/10.21009/jpd.v13i01.29752
Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 292–306.
Russmann, U., Svensson, J., & Larsson, A. O. (2019). Political Parties and Their Pictures: Visual Communication on Instagram in Swedish and Norwegian Election Campaigns. Visual Political Communication, 119–144. Retrieved from https://doi.org/10.1007/978-3-030-18729-3_7
Sintiawati, A., Jamhari, M., & N Tangge, L. (2024). Development of Canva Application-Based Motion Audio-Visual Media For The Creative Thinking Skills of Grade X Students at SMAN 1 Parigi Utara. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(3), 1018–1034. Retrieved from https://doi.org/10.59141/jist.v5i3.982
Sundari, J., Sobari, I. A., & Akbar, F. (2024). Pelatihan Media Promosi Dengan Canva Menuju UMKM Naik Kelas Pada UMKM Pasar Kemis Tangerang, 4(April), 46–50.
Swandi, I. W., & Nuriarta, I. W. (2023). Komunikasi Visual Kajang Dalam Upacara Ngaben di Bali. Jurnal Bahasa Rupa, 6(2), 136–144. Retrieved from https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i2.1313
Wahyuni, M., Yanto, Y., & Maryaningsih, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Promosi Usaha Online Di Kota Bengkulu. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 10(2), 787–802. Retrieved from https://doi.org/10.37676/professional.v10i2.5201
Yunita, N., Linda, R., & M Noer, A. (2023). Development of comic-based electronic modules using canva design in elements periodic system material in class X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Kimia, 15(1), 60–67. Retrieved from https://doi.org/10.24114/jpkim.v15i1.41668
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.