Konsumsi Sehat Berakar dari Pangan Lokal: Edukasi Terpadu Pangan, Kuliner, dan Gizi Bagi Masyarakat Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Fadly Rahman Universitas Padjadjaran
  • Rina Adyawardhina Universitas Padjadjaran
  • Ayu Septiani Universitas Padjadjaran
  • Rima Febriani Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.17195

Keywords:

Edukasi Terpadu, Pangan Lokal, Kuliner Sehat, Gizi, Desa Padaasih

Abstract

Kekayaan potensi pangan lokal Indonesia merupakan faktor penting pendukung kecukupan gizi kehidupan masyarakat. Hal ini juga terlihat dari kekayaan pangan di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat yang secara geografis terletak di dataran tinggi. Kondisi tanah di kawasan ini cocok untuk mendukung tumbuh-suburnya berbagai jenis pangan lokal berbasis nabati dan juga hewani. Tidak heran di kawasan ini didapati banyak hasil perkebunan sayur-sayuran, buah-buahan, serta susu berkualitas baik yang sejatinya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi gizi masyarakatnya. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, produk pangan lokal di Padaasih berbanding terbalik dengan masih rendahnya pemanfaatan sayur-sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak serta dimanfaatkan dalam sektor UMKM masyarakat. Melalui program PPM integratif bertajuk Konsumsi Sehat Berakar dari Pangan Lokal: Edukasi Terpadu Pangan, Kuliner, dan Gizi bagi Masyarakat Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat ini edukasi pengetahuan tanaman pangan dan gizi dapat terdiseminasikan terutama untuk para ibu yang memiliki anak-anak balita, siswa-siswa SD, dan para pelaku UMKM. Dari kegiatan PPM ini diharapkan dapat menjadi semacam percontohan bagi berbagai pihak yang menaruh kepentingan terhadap sektor pangan, kuliner, dan gizi dalam melakukan peningkatan kualitas kesejahteraan hidup masyarakat.

Author Biographies

Fadly Rahman, Universitas Padjadjaran

Dosen Program Studi Sejarah Universitas Padjadjaran

Rina Adyawardhina, Universitas Padjadjaran

Dosen Program Studi Sejarah Universitas Padjadjaran

Ayu Septiani, Universitas Padjadjaran

Dosen Program Studi Sejarah Universitas Padjadjaran

Rima Febriani, Universitas Padjadjaran

Dosen Program Studi Sastra Inggris Universitas Padjadjaran

References

Atherthon, J. S. 2010. Learning and Teaching; Piaget's developmental theory UK: http:// www.learningandteaching.info/learning/piaget.html. Diakses: 4 January 2011 http://www.learningand teaching.info/learning/piaget.html.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat. 2021. Kabupaten Bandung Barat dalam Angka 2021. Bandung: Badan Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat.

Fatchurrohmah, A. E., Sarwi, & Utsman. 2017. “Pengaruh Problem Based Learning Melalui Demonstrasi dan Diskusi terhadap Kemampuan Verbal”, Journal of Primary Education, 6(2), 140–146.

John, D. R., & Whitney Jr, J. C. 1986. The Development Of Consumer Knowledge In Children: A Cognitive Structure Approach. Journal Of Consumer Research, Vol. 12.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Buku Saku Pemantauan Status Gizi. Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan.

Kholid, Ahmad. 2012. Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2011. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Martenson, E. K., & Fagerskiold, A. M. 2007. A Review of Children Decision Making Competence in health care. Journal of Clinical Nursing, Vol. 17, 3131-3141.

Muljanto, M. A. 2020. “Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo”, Jurnal Ilmiah Pangabdhi. Vol. 6 (1): 40-43.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Munir. 2013. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. 2018. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050

Notoatmodjo. 2012. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Oetoro, S., Parengkuan, E., & Parengkuan, J. 2012. Smart Eating. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. 2017. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setiani, D. Y., & Warsini. 2020. Efektifitas Promosi Kesehatan Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Pencegahan Osteoporosis. Jurnal Kesehatan Holistic, 4(2), 55–67. https://doi.org/10.33377/jkh.v4i2.83

Susanti, Vera, Subekti, Sri, & Nurhayati, Ai. 2015. “Analisis Pengetahuan Gizi Ibu Balita di Desa Pasirlangu Cisarua Bandung Barat”, Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, vol. 4 no. 2, November. https://doi.org/10.17509/boga.v4i2.8420

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. 2018. Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di SMK. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839

Waryana. 2016. Promosi Kesehatan, Penyuluhan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Rahman, F., Adyawardhina, R., Septiani, A., & Febriani, R. (2025). Konsumsi Sehat Berakar dari Pangan Lokal: Edukasi Terpadu Pangan, Kuliner, dan Gizi Bagi Masyarakat Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(3), 477–491. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.17195

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.