Upaya Meningkatkan Peran MGMP Matematika SMK Kabupaten Malang Melalui Pelatihan Pembuatan E-Modul Matematika SMK

Authors

  • Nyamik Rahayu Sesanti Universitas Kanjuruhan Malang
  • Retno Marsitin Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rini Agustina Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.1781

Keywords:

MGMP Matematika SMK, Guru Matematika SMK, pembuatan e-modul matematika SMK

Abstract

Abstrak. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini ditujukan untuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMK, yang merupakan forum profesionalisme untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru matematika SMK. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah; (1) meningkatkan peran dan fungsi MGMP Matematika SMK kabupaten Malang dalam memperbaiki kompetensi dan kinerja guru matematika SMK, (2) meningkatkan pemahaman guru matematika SMK terhadap langkah-langkah pembuatan e-modul dan (3) meningkatkan ketrampilan pembuatan e-modul matematika SMK bagi guru matematika SMK Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; (1) pendampingan kepada pengurus MGMP untuk mengkaji ulang program kerja yang sudah ditentukan, (2) mengadakan workshop pembuatan modul matematika SMK , (3) pelatihan dan pendampingan secara berkelompok kepada guru matematika SMK pada proses kepenulisan modul matematika SMK, (4) Workshop pembuatan e-modul matematika SMK, dan (5) desiminasi e-modul matematika SMK oleh guru matematika SMK Kabupaten. Hasil yang dicapai adalah peningkatan kualitas pertemuan MGMP Matematika SMK Kabupaten Malang dan peningkatan ketrampilan pembuatan e-modul Matematika SMK bagi gurunya. Produk yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah e-modul matematika SMK

Kata Kunci: MGMP Matematika SMK, Guru Matematika SMK, pembuatan e-modul matematika SMK

 

Abstract. The community service program was conducted to the Vocational School Mathematics Teachers’ Forum (MGMP), a professionalism forum for elevating the competence and performance of the vocational school teachers teaching Mathematics. The program was aimed at: (1) improving the roles and functions of the Vocational School Mathematics Teachers’ Forum in Malang Regency, (2) enhancing vocational school Mathematics teachers’ understanding of the procedures of creating Mathematics e-modules, and (3) upgrading the vocational school Mathematics teachers’ skills in creating their Mathematics e-modules. The methods applied were: (1) mentoring the committees of the teachers’ forum in reviewing their work plans, (2) conducting a writing vocational school Mathematics module workshop, (3) training and mentoring the vocational school Mathematics teachers in writing their Mathematics modules in groups, (4) conducting a workshop of creating vocational school Mathematics e-modules, and (5) disseminating the Mathematics e-modules by vocational school Mathematics teachers in Malang Regency. The results of the program were the quality improvement of Mathematics teachers’ forum’s meetings and the writing Mathematics e-module skills’ improvement of the Mathematics teachers in Malang Regency. The products of this community service program were Mathematics e-modules for vocational school students.

 

Keywords:       Vocational School Mathematics Teacher’s Forum, Vocational School Mathematics Teachers, vocational school Mathematics e-module writing

References

Kusufa, R. A.B., (2013). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013, 186–196. ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPIG/issue/download/260/32

Anwar, R. (2011). Pengaruh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Profesionalisme dan Kinerja Mengajar Guru SMA Negeri Kota Tasikmalaya. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6393

Arfandi, A. (2009). Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Siswa Smk Program Keahlian Teknik Bangunan Di Kota Makassar. Cakrawala Pendidikan, XXVIII, (2), 119–131.

Fitriyadi, H. (2012). Ketrampilan TIK guru Produktif SMK di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Implementasi dalam Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2, (2), 213–233.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.

Kemendikbud. (2013). Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BSNP.

Mahmud, I. (2013). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMA di Kota Batu.http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/23807

Munir. (2009). Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan Di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia.Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PTIK). 2, (2), 1-4.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39–49.

Downloads

Published

2018-10-19

How to Cite

Sesanti, N. R., Marsitin, R., & Agustina, R. (2018). Upaya Meningkatkan Peran MGMP Matematika SMK Kabupaten Malang Melalui Pelatihan Pembuatan E-Modul Matematika SMK. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 165–173. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.1781

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.