Coaching Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Pengembangan Website di Sekolah Muhammadiyah Kota Pangkalpinang

Authors

  • Muhammad Iqbal Arrosyad Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Yuanita Yuanita Universitas Muhamamdiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.24226

Keywords:

Coaching, PPDB, Website Sekolah

Abstract

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen pelayanan sekolah Muhammadiyah di era digital. Sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kota Pangkalpinang menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan proses PPDB. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan sekolah dalam menggunakan teknologi melalui pengembangan situs web dan pelatihan strategi PPDB berbasis digital. Mitra dalam kegiatan ini adalah beberapa sekolah Muhammadiyah di Kota Pangkalpinang. Metode pengabdian yang digunakan meliputi pelatihan langsung kepada staf sekolah dalam pembuatan dan pengelolaan situs web, serta pendampingan penerapan strategi PPDB digital. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah mitra mampu mengelola situs web secara mandiri, sehingga meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas sekolah dalam proses PPDB. Situs web yang dibangun juga memudahkan orang tua dan calon siswa untuk mengakses informasi penting serta mempercepat proses pendaftaran melalui fitur-fitur seperti formulir pendaftaran online dan tampilan profil sekolah.

References

Anderson, J. (2018). The Role of Technology in Modern Education. New York: Academic Press.

Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Numerasi di Tengah Evolusi Konsep Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6378–6384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1758

Hasan, M. (2018). Pendampingan Teknis Berkelanjutan untuk Pengelolaan Website Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 45-55.

Iskandar, D. (2020). Strategi Digital dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan, 15(2), 25-33.

Landina, I. A. P. L., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa melalui Media Pembelajaran Flipbook berbasis Kasus pada Muatan IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 27(3), 443–452. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.52555

Mulyana, A. (2019). Penerapan Sistem Pendaftaran Online dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 44-50.

Prasetyo, A. (2020). Pentingnya Panduan Pengelolaan Website di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 33-41.

Ramdhan, N. A., & Wahyudi, D. (2019). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis WEB Di SMP Negri 1 Wanasari Brebes. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 1(01), 56–65. https://doi.org/10.46772/intech.v1i01.38

S. Level, A. In, O. F. Online, P. Smkn, and K.Palembang, “Analisis Tingkat Kepuasan dalam Penerapan PPDB Online SMKN Kota Palembang,” vol. 07, no. 02, pp. 23–35, 2017.

Supriyanto, S. (2021). Digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Formulir Online: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 55-63.

Suryo Buwono, G., & Dirgahayu, T. (2020). Model Aplikasi Gamification pada Smartphone untuk Pembelajaran di Kelas. Teknoin, 26(2), 96–115. https://doi.org/10.20885/teknoin.vol26.iss2.art2

Taufik, Hidayat & Mahmudin, M, Djamaludin. 2020. Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Online Berbasis Website Di Yayasan Pendidikan Arya Jaya Sentika 9.1 Komputika: Jurnal Sistem Komputer.

Tentama, F., Pranungsari, D., & Tarnoto, N. (2017). Pemberdayaan komunitas anak jalanan Yogyakarta melalui bermain peran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11-18. Retrieved from http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm/article/view/74 → Jurnal online

Utami, L. A., Ishaq, A., & Maulidiyah, N. (2018). Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna. Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 3(1), 31-37. https://doi.org/10.33395/sinkron.v3i1.163

Utami, N. (2019). Peningkatan Kapasitas SDM dalam Pengelolaan Website Sekolah: Studi Kasus di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 13(4), 55-67.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Arrosyad, M. I., & Yuanita, Y. (2024). Coaching Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Pengembangan Website di Sekolah Muhammadiyah Kota Pangkalpinang. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(3), 455–465. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.24226

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.