Coaching Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Pengembangan Website di Sekolah Muhammadiyah Kota Pangkalpinang
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.24226Keywords:
Coaching, PPDB, Website SekolahAbstract
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen pelayanan sekolah Muhammadiyah di era digital. Sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kota Pangkalpinang menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan proses PPDB. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan sekolah dalam menggunakan teknologi melalui pengembangan situs web dan pelatihan strategi PPDB berbasis digital. Mitra dalam kegiatan ini adalah beberapa sekolah Muhammadiyah di Kota Pangkalpinang. Metode pengabdian yang digunakan meliputi pelatihan langsung kepada staf sekolah dalam pembuatan dan pengelolaan situs web, serta pendampingan penerapan strategi PPDB digital. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah mitra mampu mengelola situs web secara mandiri, sehingga meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas sekolah dalam proses PPDB. Situs web yang dibangun juga memudahkan orang tua dan calon siswa untuk mengakses informasi penting serta mempercepat proses pendaftaran melalui fitur-fitur seperti formulir pendaftaran online dan tampilan profil sekolah.
References
Anderson, J. (2018). The Role of Technology in Modern Education. New York: Academic Press.
Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Numerasi di Tengah Evolusi Konsep Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6378–6384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1758
Hasan, M. (2018). Pendampingan Teknis Berkelanjutan untuk Pengelolaan Website Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 45-55.
Iskandar, D. (2020). Strategi Digital dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan, 15(2), 25-33.
Landina, I. A. P. L., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa melalui Media Pembelajaran Flipbook berbasis Kasus pada Muatan IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 27(3), 443–452. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.52555
Mulyana, A. (2019). Penerapan Sistem Pendaftaran Online dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 44-50.
Prasetyo, A. (2020). Pentingnya Panduan Pengelolaan Website di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 33-41.
Ramdhan, N. A., & Wahyudi, D. (2019). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis WEB Di SMP Negri 1 Wanasari Brebes. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 1(01), 56–65. https://doi.org/10.46772/intech.v1i01.38
S. Level, A. In, O. F. Online, P. Smkn, and K.Palembang, “Analisis Tingkat Kepuasan dalam Penerapan PPDB Online SMKN Kota Palembang,” vol. 07, no. 02, pp. 23–35, 2017.
Supriyanto, S. (2021). Digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Formulir Online: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 55-63.
Suryo Buwono, G., & Dirgahayu, T. (2020). Model Aplikasi Gamification pada Smartphone untuk Pembelajaran di Kelas. Teknoin, 26(2), 96–115. https://doi.org/10.20885/teknoin.vol26.iss2.art2
Taufik, Hidayat & Mahmudin, M, Djamaludin. 2020. Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Online Berbasis Website Di Yayasan Pendidikan Arya Jaya Sentika 9.1 Komputika: Jurnal Sistem Komputer.
Tentama, F., Pranungsari, D., & Tarnoto, N. (2017). Pemberdayaan komunitas anak jalanan Yogyakarta melalui bermain peran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11-18. Retrieved from http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm/article/view/74 → Jurnal online
Utami, L. A., Ishaq, A., & Maulidiyah, N. (2018). Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna. Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 3(1), 31-37. https://doi.org/10.33395/sinkron.v3i1.163
Utami, N. (2019). Peningkatan Kapasitas SDM dalam Pengelolaan Website Sekolah: Studi Kasus di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 13(4), 55-67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.