Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kimia Melalui Pembinaan Penerapan Lesson Study As Learning Community
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3426Keywords:
Kompetensi pedagogik, Lesson Study as Learning Community, kolaboratifAbstract
Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru kimia di Kabupatan Rokan Hulu Propinsi Riau telah dilakukan melalui pembinaan penerapan Lesson Study as Learning Community (LSLC). Metode pembinaan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi dan pelatihan LSLC. Peningkatankompetensi pedagogik guru dilakukan secara kolaboratif dan berkesinambungan melalui tahap-tahap Lesson Study, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Guru kimia yang dibina pada kegiatan ini berjumlah 24 orang. Hasil pembinaan guru memperlihatkan intrumen pembelajaran yang dikembangkan oleh guru termasuk kedalam kategori valid dengan nilai 3,555 (88,878%). Sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran yang teramati termasuk kedalam kategori amat baik (A). Hasil analisis sikap guru setelah dilakukan pembinaan memperlihatkan dari 24 peserta terdapat 18 peserta (75%) yang mempunyai sikap Sangat Tinggi, 4 peserta (16,7%) kategori Tinggi dan 2 peserta (8,3%) kategori Sedang.
References
Arief, S. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Clivaz, S. (2018). Lesson Study as a Fundamental Situation for The Knowledge of Teaching. International Journal for Lesson and Learning Studies, 7(2), 172-183
Masaaki, S. (2012). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek ” Learning Community”, Jakarta: PELITA
Miftahul, H. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mulnix, J. (2010).Educational philosophy and theory, Oxford: Blackwell Publishing.
Rumpagapora, M.W and Darmawan, I.G.N., (2017). Students’ Critical Thinking Skills in a Thai ICT Schools Pilot Project. International Education Journal, 8(2), 125-132
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sumiati dan Asra (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Sutrisno (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.