Pelatihan Akuntansi Perbankan Kepada Guru-Guru SMK Ketintang Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.5015Keywords:
pelatihan, akuntansi, perbankan, SMKAbstract
Permasalahan yang dihadapi oleh SMK Ketintang Surabaya adalah sistem pembelajaran akuntansi perbankan yang masih terbatas dan dilakukan secara manual. Kegiatan ini diikuti oleh guru akuntansi SMK Ketintang Surabaya. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru SMK Ketintang Surabaya tentang akuntansi perbankan yang ada di Bank Konvensional. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah berupa pelatihan transaksi akuntansi bank baik secara teori maupun secara praktek mulai dari pengisian slip transaksi sampai dengan input transaksi menggunakan software perbankan konvensional. Hasil pengabdian ini adalah para guru mendapatkan materi tentang transaksi akuntansi perbankan secara praktek. Materi yang diberikan pada saat pelatihan teridiri dari transaksi penghimpunan dana (produk giro, tabungan dan deposito), transaksi penyaluran dana (kredit) dan transaksi jasa bank (transfer). Dalam pelatihan ini, para guru praktek untuk mengisi slip transaksi perbankan, membuat jurnal transaksi akuntansi bank serta melakukan input pada komputer. Pentingnya kegiatan ini adalah adanya tambahan pengetahuan transaksi tentang akuntansi perbankan sehingga para guru juga dapat mentransfer ilmu kepada para siswa.
References
Bachmid, F.S. (2017). Pelatihan Akuntansi Berbasis Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 01(02), 26-32.
Hairunisya, N & Subiyantoro, H. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Kepada Pengusaha UMKM di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(02), 31-41.
Pardede, H. D., Simarmata, H. M. P., Saragih, R.S., Panjaitan, R.E. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Petani Jamur di Kecamatan Sitalasari Pematangsiantar. Caradde: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 57-61. : https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.8.
Instruktur Laboratorium Bank. (2016). Modul Klasikal Laboratorium Operasional Bank. Surabaya: STIE Perbanas Surabaya.
Larasati, M & Sumardi. (2018). Pelatihan Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah Bagi Siswa di SMK Plus Ashabulyamin Kabupaten Cianjur. SYUKUR (Jurnal Inovasi Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 168-177. https://doi.org/10.22236/syukur_vol1/is2pp168-177
Widaninggar, N & Sari, N.K. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Dasar dan Pelaporan Keuangan KPRI Kencana. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 4(2), 102-109.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.