SEIMUT PERSIA: Video Edukasi Kesehatan Gigi Mulut dan Performa Fisik untuk Lansia

Taufan Bramantoro, Widya Rizky Romadhon, Erika Priyanridani, Aulia Ramadhani

Abstract


Karies gigi atau gigi berlubang merupakan salah satu masalah gigi yang menyerang anak-anak hingga lansia dan masih banyak dijumpai di Indonesia, termasuk kota besar seperti Surabaya. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar, karies gigi masih mencapai 70% di Indonesia. Hasil penelitian epidemiologi yang dilakukan di wilayah Puskesmas Jagir, yang memiliki jumlah lansia binaan yang tinggi, didapatkan bahwa terdapat hubungan antara kejadian karies gigi dengan performa fisik para lansia. Namun, di Puksesmas Jagir belum ada edukasi kesehatan gigi mulut dan performa fisik yang disosialisasikan. Padahal, angka karies gigi di wilayah Jagir juga masih tinggi. Berangkat dari latar belakang tersebut, digagaslah program SEIMUT PERSIA ini sebagai media berupa video yang berisi informasi kesehatan gigi dan performa fisik untuk meningkatkan pengetahuan lansia. ,Bermitra dengan Puskesmas Jagir, Surabaya, program ini diikuti oleh 20 orang peserta lansia. Kegiatan diawalai dengan metode pendekatan individu melalui wawancara, pemberian materi edukasi dengan pemutaran video SEIMUT PERSIA, pemaparan hasil wawancara, dan evaluasi sumatif untuk menilai keefektifan video. Dari 20 responden didapatkan hasil rata-rata 75% setuju bahwa video Seimut Persia memberikan informasi tentang kesehatan gigi mulut dan performa fisik yang baik, menarik untuk ditonton, dan mudah dipahami. Respon positif terhadap video SEIMUT PERSIA ini menandakan bahwa media edukasi tersebut dinilai efektif untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada lansia.


Keywords


Video Edukasi; Karies; Performas Fisik; Kesehatan

References


DePorter, Bobby., & Hernacki, Mike. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa

Golinowska, S., Groot, W., Baji, P., & Pavlova, M. (2016). Health promotion targeting older people. BMC Health Service Research, 16(Suppl 5), 345.

Golinowska, S., Sowa, A., Deeg, D., Socci, M., Principi, A., Rodrigues, R., Ilinca, S., Galenkamp, H. (2016). Participation in formal learning activities of older Europeans in poor and good health. European Journal of Ageing. 18, 1–13.

Hamzah. (2008). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kanemoto, T., Imai, H., Sakurai, A., Dong, H., Shi, S., Yakushiji, M., & Shintani, S. (2016). Influence of Lifestyle Factors on Risk of Dental Caries among Children Living in Urban China. Bull Tokyo Dent Coll. 57(3), 143-57.

Prasko, Sutomo, B., & Santoso, B. (2016). Penyuluhan Metode Audio Visual dan Demonstrasi Terhadap Pengetahuan menyikat Gigi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi. 3(2), 53-57.

Sowa, A., Tobiasz-Adamczyk, B., Topór-Mądry, R., Golinowska, S. Health status of older people - evidence in Europe. (2015). Zeszyty Naukowe Ochrony Zdrowia. Zdrowie Publiczne i Zarządzanie. 4.

Susilo, M. J. (2009). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar, Yogyakarta: Pinus.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v5i2.5915

Copyright (c) 2022 Taufan Bramantoro, Widya Rizky Romadhon, Erika Priyanridani, Aulia Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347