Gigi Sehat: Channel Video Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Orangtua Murid di Surabaya

Aulia Ramadhani, Agung Sosiawan

Abstract


Karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling banyak ditemukan pada anak. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di Surabaya pada anak usia pra-sekolah menunjukkan prevalensi karies gigi yang tinggi (67.5%) dengan tingkat keparahan yang juga tinggi (def: 7.0). Hal ini dapat disebabkan karena rendahnya pengetahuan ibu terkait kesehatan gigi dan mulut. Rendahnya pengetahuan tersebut disebabkan oleh rendahnya kemauan ibu untuk mengakses informasi kesehatan gigi dan mulut yang berdampak pada perawatan kesehatan gigi anak. Berdasarkan hasil penelitian epidemiologi yang dilakukan oleh tim FKG Unair, Salah satu media yang paling banyak digunakan oleh para ibu di Surabaya dalam mengakses informasi di internet adalah aplikasi YouTube, dengan prevalensi sebesar 46.2%. Selain itu didukung pula dengan persentasi ibu-ibu yang memiliki smartphone dengan akses internet di Surabaya sangat tinggi yaitu sebesar 91.6%. Kami menawarkan solusi pembuatan video edukasi yang merupakan media yang cukup diminati ibu wali murid di wilayah Keputih dengan tujuan untuk menyediakan akses informasi pada masyarakat Keputih tentang kesehatan gigi dan mulut.  Bermitra dengan Puskesmas Keputih, Surabaya, program sosialisasi ini diikuti oleh 30 orang wali murid SDN Medokan Semampir 1. Metode pelaksanaan program ini adalah dengan penyebaran link video yang akan diunggah di aplikasi YouTube. Video edukasi kesehatan gigi dan mulut dibuat berseri dan diunggah setiap minggunya di kanal YouTube Gigi Sehat. Dari kanal YouTube tersebut, akan dievaluasi jumlah penonton tiap minggunya. Sosialisasi video diawali dengan pemberian pre-test dan post-test mengenai kesehatan gigi dan mulut. Dari 30 partisipan yang hadir, didapatkan lebih dari 75% responden mengalami peningkatan skor post-test. Jumlah penonton video juga mengalami peningkatan tiap videonya. Dari peningkatan pengetahuan, jumlah penonton, serta respon positif terhadap video ini, dapat disimpulkan bahwa program pemberdayaan masyarakat ini berhasil.


Keywords


Video Edukasi; Karies; Kesehatan Gigi dan Mulut; Kemampuan Akses Informasi

References


Alzaidi S.S, Alanazi I.A, Abo Nawa O.M, Mulla M.A. 2018. Childhood Oral Health : Maternal Knowledge and practice in Tabuk, Saudi Arabia. The Egyptian Journal of Hospital Medicine. 70(9), 1544-1551.

Bankole OO, Ibeyemi O, Oke GA. (2011). A Dental health Education Video for Nigerian Children in The Yoruba Language. Afr. J. Biomed. Res. 14(1), 77 – 79.

Fernando S, Kanthi RDFC, Bakr M, Johnson WN. (2015). Promoting oral health of preschool children using non-dental personnel in rural Sri Lanka. International Journal of Dental Clinics. 7(4), a-g

Hamzah. (2008). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hansen C, Interrante JD, Ailes EC, Frey MT, Broussard CS, Godoshian VJ, Lewis C, Polen KND, Garcia AP, Gilboa SM. (2016). Assessment of Youtube Videos As a Source of information on Medication USe in Pregnancy. Pharmacoepidemiol Drug Saf. 25(1), 35–44.

Nofarida A, Giffari FZ, Nurazizah A, et al. (2018). Analisis Karakteristik Ibu Terhadap Keputusan Membawa Anak Ke Layanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Wilayah Keputih Kota Surabaya. Laporan Epidemiologi PKL Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga.

Prasko, Sutomo, B., & Santoso, B. (2016). Penyuluhan Metode Audio Visual dan Demonstrasi Terhadap Pengetahuan menyikat Gigi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi. 3(2), 53-57.

Shah Naseem, Mathur VP, Gupta T. (2016). Effectiveness of an educational video in improving oral health knowledge in a hospital setting. Indian J Dent. 7(2), 70-75.

Sumerti NN. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu dalam deteksi dini karies gigi pada anak balita di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. Jurnal Kesehatan Gigi. 1(1), 6.

Suresh BS, Ravishankar TL, Chaitra TR, Mohapatra AK, Gupta V. (2010). Mother’s knowledge about pre-school child’s oral health. Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry. 28(4), 282-287

Wilson LB, DeBaryshe B, Singh M, Taba S. (2013). Evaluating Two Oral Health Video Intervensions with Early Heads Start Families. International Journal of Dentistry. Article ID 437830. pp. 1-9.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v5i2.6077

Copyright (c) 2022 Aulia Ramadhani, Agung Sosiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347