Pendampingan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru RA GUPPI Kuncen Magelang
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7937Keywords:
Loosepart, Metode Pembelajaran Proyek, APE, Metode Pembelajaran, Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan anak usia dini berada pada masa kritis yang harus dioptimalkan tumbuh kembangnya. Melalui proses pembelajaran yang dapat menstimulasi semua aspek perkembangan anak usia dini perlu dikuasai oleh guru. Diantaranya adalah alat permainan edukatif yang dapat memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan sekitar dan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik belajar anak. APE yang dapat dilakukan saat di sekolah adalah penggunaan loosepart dan metode pembelajaran proyek. Kedua hal tersebut masih belum dikuasai oleh guru sehingga diperlukan pendampingan pada guru. Adapun dibutuhkan kegiatan pengabdian kepada guru PAUD supaya proses kegian belajar mengajar dapat terus diperbaiki melalui program sosialisasi dan workshop. Tujuan pengabdian yang dilaksanakan adalah untuk dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tempat pengabdian dilaksanakan di RA GUPPI Kuncen Magelang dengan melibatkan 13 guru. Hasil yang diperoleh dari pengabdian yang dilakukan di RA GUPPI Kuncen yaitu guru mengetahui metode pembelajaran proyek dan memiliki kemampuan untuk menata loosepart karena telah melakukan praktik pada saat pengabdian dilaksanakan.
References
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di TKIT Al-Farabi. Buhuts Al-Athfal, 1(2), 181–199.
Dewi, N. W. E. P., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(3), 261–271.
Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S. L., & Rosengarten, T. (2019). Definitions of Loose Parts in Early Childhood Outdoor Classrooms : A Scoping Review Carla Gull Jessica Bogunovich Suzanne Levenson Goldstein Tricia Rosengarten. International Journal of Early Childhood Environmental Education Copyright, 6(3), 37–52.
Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran.
Muslihudin, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Kegiatan Workshop. P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 51. https://doi.org/10.22460/p2m.v3i2p51-58.627
Novitasari, K. (2018a). Pembelajaran berbasis proyek untuk menanamkan karakter tanggung jawab pada anak kelompok B di TK Nasima kota Semarang. 1–9.
Rahardjo, M. M. (2019). How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 310–326. https://doi.org/10.21009/jpud.132.08
Rustini, T., & Rohayanti. (2012). Perkembangan Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini, 3(2).
Sari, A. Y., & Astuti, R. D. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177
Tsalisah, N. H., Sofia, A., & Nawangsasi, D. (2019). Pengetahuan Guru PAUD tentang Alat Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Nadia. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/18526
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.