Pendampingan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru RA GUPPI Kuncen Magelang

Authors

  • Reza Edwin Sulistyaningtyas Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Debby Ayunandiya Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Sofia Dwimuningsih Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Queen Artha Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Zabid Latifah Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7937

Keywords:

Loosepart, Metode Pembelajaran Proyek, APE, Metode Pembelajaran, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini berada pada masa kritis yang harus dioptimalkan tumbuh kembangnya. Melalui proses pembelajaran yang dapat menstimulasi semua aspek perkembangan anak usia dini perlu dikuasai oleh guru. Diantaranya adalah alat permainan edukatif yang dapat memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan sekitar dan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik belajar anak. APE yang dapat dilakukan saat di sekolah adalah penggunaan loosepart dan metode pembelajaran proyek. Kedua hal tersebut masih belum dikuasai oleh guru sehingga diperlukan pendampingan pada guru. Adapun dibutuhkan kegiatan pengabdian kepada guru PAUD supaya proses kegian belajar mengajar dapat terus diperbaiki melalui program sosialisasi dan workshop. Tujuan pengabdian yang dilaksanakan adalah untuk dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tempat pengabdian dilaksanakan di RA GUPPI Kuncen Magelang dengan melibatkan 13 guru. Hasil yang diperoleh dari pengabdian yang dilakukan di RA GUPPI Kuncen yaitu guru mengetahui metode pembelajaran proyek dan memiliki kemampuan untuk menata loosepart karena telah melakukan praktik pada saat pengabdian dilaksanakan.

References

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di TKIT Al-Farabi. Buhuts Al-Athfal, 1(2), 181–199.

Dewi, N. W. E. P., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(3), 261–271.

Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S. L., & Rosengarten, T. (2019). Definitions of Loose Parts in Early Childhood Outdoor Classrooms : A Scoping Review Carla Gull Jessica Bogunovich Suzanne Levenson Goldstein Tricia Rosengarten. International Journal of Early Childhood Environmental Education Copyright, 6(3), 37–52.

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran.

Muslihudin, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Kegiatan Workshop. P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 51. https://doi.org/10.22460/p2m.v3i2p51-58.627

Novitasari, K. (2018a). Pembelajaran berbasis proyek untuk menanamkan karakter tanggung jawab pada anak kelompok B di TK Nasima kota Semarang. 1–9.

Rahardjo, M. M. (2019). How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 310–326. https://doi.org/10.21009/jpud.132.08

Rustini, T., & Rohayanti. (2012). Perkembangan Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini, 3(2).

Sari, A. Y., & Astuti, R. D. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177

Tsalisah, N. H., Sofia, A., & Nawangsasi, D. (2019). Pengetahuan Guru PAUD tentang Alat Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Nadia. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/18526

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Sulistyaningtyas, R. E., Ayunandiya, D., Dwimuningsih, S., Artha, Q., & Latifah, Z. (2022). Pendampingan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru RA GUPPI Kuncen Magelang. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 235–240. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7937

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.