Pelatihan Online Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bubuk Kakao bagi Generasi Muda di Desa Sukabanjar Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.8641Keywords:
Online Marketing, Bisnis Online, Kebijakan Dividen, KakaoAbstract
Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan penjualan bubuk kakao yang manjadi komoditas utama masyarakat di Desa Sukabanjar Kecamatan Gedongtataan. Dalam pelatihan ini, tim menerapkan model online marketing kepada peserta. Model ini memanfaatkan konsumsi media online yang tinggi dari masyarakat sehingga menjadikannya sebagai alat marketing para pebisnis. Penerapan keilmuan bisnis dibidang teknologi ini yang masih kurang dapat diterapkan oleh masyarakat desa. Maka dari itu, pelatihan ini akan membuat peserta pelatihan untuk membuat dan mendesain web online ataupun media bisnis online. Setelah peserta memiliki media online, barulah tim akan memberikan treatment Hasil pelatihan ini diharapkan akan memberikan saluran distribusi baru bagi bubuk kakao yang sudah diproduksi oleh masyarakat dan menjadi arahan bagi pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk memfasilitasi penjualan secara online di level nasional dan internasional. Pelatihan ini terdiri dari 5 tahapan, 1) Peserta diberikan wawasan tentang dunia bisnis secara global; 2) Peserta diberikan pelatihan tentang segmentasi pasar online dan memilih target pasar; 3) Peserta diberikan pelatihan tentang pembuatan konten web dan media sosial 4) Peserta diberikan pelatihan tentang marketing online dan 5) diberikan pelatihan tentang model relationship marketing untuk diterapkan kepada konsumen dan distributor ilmuan bisnis kepada peserta.
References
A.Usmara (2003), Strategi baru manajemen pemasaran, Yogyakarta: Amara Books
El-Gohary, Hatem. (2012). E-Marketing- A literature Review from a Small Businesses Perspective. Vol. 1, No. 1, pp 214-244. United States of America: International Journal of Business and Social Science
Atmaja, L. S. 2008. Teori dan Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.
Fang Chen-Ling dan Lie Ting. 2012. Assessment of Internet Marketing and Competitive Strategies for Leisure Farming Industry in Taiwan. Journal of American Academy of Business. ISSN 15401200, Volume 8 Issue 2, p. 296-300. Cambridge.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1.
Kotler, Keller. (2016). Marketing management. 15e, Boston, Pearson Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.