Pelatihan Online Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bubuk Kakao bagi Generasi Muda di Desa Sukabanjar Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran
Abstract
Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan penjualan bubuk kakao yang manjadi komoditas utama masyarakat di Desa Sukabanjar Kecamatan Gedongtataan. Dalam pelatihan ini, tim menerapkan model online marketing kepada peserta. Model ini memanfaatkan konsumsi media online yang tinggi dari masyarakat sehingga menjadikannya sebagai alat marketing para pebisnis. Penerapan keilmuan bisnis dibidang teknologi ini yang masih kurang dapat diterapkan oleh masyarakat desa. Maka dari itu, pelatihan ini akan membuat peserta pelatihan untuk membuat dan mendesain web online ataupun media bisnis online. Setelah peserta memiliki media online, barulah tim akan memberikan treatment Hasil pelatihan ini diharapkan akan memberikan saluran distribusi baru bagi bubuk kakao yang sudah diproduksi oleh masyarakat dan menjadi arahan bagi pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk memfasilitasi penjualan secara online di level nasional dan internasional. Pelatihan ini terdiri dari 5 tahapan, 1) Peserta diberikan wawasan tentang dunia bisnis secara global; 2) Peserta diberikan pelatihan tentang segmentasi pasar online dan memilih target pasar; 3) Peserta diberikan pelatihan tentang pembuatan konten web dan media sosial 4) Peserta diberikan pelatihan tentang marketing online dan 5) diberikan pelatihan tentang model relationship marketing untuk diterapkan kepada konsumen dan distributor ilmuan bisnis kepada peserta.
Keywords
References
A.Usmara (2003), Strategi baru manajemen pemasaran, Yogyakarta: Amara Books
El-Gohary, Hatem. (2012). E-Marketing- A literature Review from a Small Businesses Perspective. Vol. 1, No. 1, pp 214-244. United States of America: International Journal of Business and Social Science
Atmaja, L. S. 2008. Teori dan Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.
Fang Chen-Ling dan Lie Ting. 2012. Assessment of Internet Marketing and Competitive Strategies for Leisure Farming Industry in Taiwan. Journal of American Academy of Business. ISSN 15401200, Volume 8 Issue 2, p. 296-300. Cambridge.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1.
Kotler, Keller. (2016). Marketing management. 15e, Boston, Pearson Education.
DOI: 10.30595/jppm.v6i2.8641
Copyright (c) 2022 Prasetya Nugeraha, Ghia Subagja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2549-8347
|
|
Statcounter