Pelatihan Optimalisasi dan Aktualisasi Google Kelas Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Achmad Syarif Akademi Sekretari Budi Luhur
  • Rizky Eka Prasetya Akademi Sekretari Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9642

Keywords:

Google Kelas, Optimalisasi Ponsel Pintar, Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Ponsel, Panti Asuhan

Abstract

Komputer seluler secara bertahap diperkenalkan ke dalam konteks pendidikan selama dua dekade terakhir. Google kelas dapat meningkatkan penggunaan ponsel pintar dan pelaksanaan pemebalajaran bahasa inggris melalui ponsel pintar. Prioritas masalah pengabdian ini adalah penghuni dan pengasuh panti asuhan memiliki keterbatasan pengetahuan google kelas dalam menggunakan ponsel pintar sebagai media tambahan mencari referensi digital, melatih kemampuan berbahasa Inggris, dan mengelola literasi digital. Kegiatan ini bermitra dengan dosen Akademi Sekretari Budi Luhur dan menerapkan pendekatan kemitraan melalui pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan mengungkapkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan penggunaan Google Kelas ponsel pintar dalam aspek pendidikan. Hasil pengabdian ini adalah daftar aplikasi penunjang pendiidikan tingkat sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Selain itu, ada ruang khusus pemanfaatan media (e-mail, chat, translate) pesan singkat sebagai fitur dasar dalam melatih bahasa Inggris praktis. Keseluruhan kegiatan dilaksanakan dengan kelas virtual secara aktif dan produktif sebagai pendampingan melalui grup virtual pesan singkat dan kelas google.

References

Anasiru, R. (2017). Implementasi model-model kebijakan penanggulangan anak jalanan di kota Makassar. Sosio Konsepsia, 16(2), 175-186.

Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google classroom: Teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52-66.

Fitriani, R. (2016). Peranan Penyelenggara Perlindungan Anak Dalam Melindungi Dan Memenuhi Hak-Hak Anak. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 11(2), 250-358.

Gowthami, S., & Kumar, S. V. K. (2016). Impact of smartphone: A pilot study on positive and negative effects. International Journal of Scientific Engineering and Applied Science (IJSEAS), 2(3), 473-478.

Haerunisa, D., Taftazani, B. M., & Apsari, N. C. (2015). Pemenuhan kebutuhan dasar anak oleh Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA). Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Riskiyanti, K. I., Prihantini, N. P. A., Aldi, K. T., & Pratana, N. K. M. A. (2019). Analisis Perolehan Dan Pengelolaan Keuangan Pada Organisasi Nirlaba Panti Sosial Asuhan Anak (Psaa) Udyana Wiguna Singaraja. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 7(2).

Sunarsi, D., Wijoyo, H., & Al Choir, F. (2020, October). Implementasi Pembelajaran Online Dalam Masa Pandemik Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2).

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Syarif, A., & Prasetya, R. E. (2023). Pelatihan Optimalisasi dan Aktualisasi Google Kelas Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 119–123. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9642

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.