Pelatihan Optimalisasi dan Aktualisasi Google Kelas Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9642Keywords:
Google Kelas, Optimalisasi Ponsel Pintar, Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Ponsel, Panti AsuhanAbstract
Komputer seluler secara bertahap diperkenalkan ke dalam konteks pendidikan selama dua dekade terakhir. Google kelas dapat meningkatkan penggunaan ponsel pintar dan pelaksanaan pemebalajaran bahasa inggris melalui ponsel pintar. Prioritas masalah pengabdian ini adalah penghuni dan pengasuh panti asuhan memiliki keterbatasan pengetahuan google kelas dalam menggunakan ponsel pintar sebagai media tambahan mencari referensi digital, melatih kemampuan berbahasa Inggris, dan mengelola literasi digital. Kegiatan ini bermitra dengan dosen Akademi Sekretari Budi Luhur dan menerapkan pendekatan kemitraan melalui pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan mengungkapkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan penggunaan Google Kelas ponsel pintar dalam aspek pendidikan. Hasil pengabdian ini adalah daftar aplikasi penunjang pendiidikan tingkat sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Selain itu, ada ruang khusus pemanfaatan media (e-mail, chat, translate) pesan singkat sebagai fitur dasar dalam melatih bahasa Inggris praktis. Keseluruhan kegiatan dilaksanakan dengan kelas virtual secara aktif dan produktif sebagai pendampingan melalui grup virtual pesan singkat dan kelas google.
References
Anasiru, R. (2017). Implementasi model-model kebijakan penanggulangan anak jalanan di kota Makassar. Sosio Konsepsia, 16(2), 175-186.
Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google classroom: Teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52-66.
Fitriani, R. (2016). Peranan Penyelenggara Perlindungan Anak Dalam Melindungi Dan Memenuhi Hak-Hak Anak. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 11(2), 250-358.
Gowthami, S., & Kumar, S. V. K. (2016). Impact of smartphone: A pilot study on positive and negative effects. International Journal of Scientific Engineering and Applied Science (IJSEAS), 2(3), 473-478.
Haerunisa, D., Taftazani, B. M., & Apsari, N. C. (2015). Pemenuhan kebutuhan dasar anak oleh Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA). Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Riskiyanti, K. I., Prihantini, N. P. A., Aldi, K. T., & Pratana, N. K. M. A. (2019). Analisis Perolehan Dan Pengelolaan Keuangan Pada Organisasi Nirlaba Panti Sosial Asuhan Anak (Psaa) Udyana Wiguna Singaraja. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 7(2).
Sunarsi, D., Wijoyo, H., & Al Choir, F. (2020, October). Implementasi Pembelajaran Online Dalam Masa Pandemik Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.