Penggunaan Strategi Bernalar Logis dan Melihat Sudut Pandang Lain dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dalam Pembelajaran Matematika di SMP
DOI:
https://doi.org/10.30595/jssh.v7i1.16868Keywords:
Berpikir Tingkat Tinggi, Strategi Bernalar Logis, Strategi Melihat Sudut Pandang Lain, Pembelajaran Matematika, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan strategi bernalar logis dan melihat sudut pandang lain untuk menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV) dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN Purworejo yang memiliki kemampuan berpikir tingkat sedang. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti, soal tes berpikir tingkat tinggi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa mampu menggunakan strategi pemecahan masalah bernalar logis dan melihat sudut pandang lain, serta kedua strategi tersebut terbukti dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan non rutin matematika khususnya pada materi SPLDV.
References
Azhari, A., & Somakim, S. (2014). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III”. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), hal 1-12.
Ekowati, E., & Guntoro, K. (2008). “Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal Open Ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tinggi”. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), hal 1-13.
Fauziah, A. N., & Setiawan, R. (2018). “Analisis Strategi Bekerja Mundur dan Ekuivalensi pada Permasalahan Non Rutin Sistem Persamaan”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2(1), hal 79-88.
Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. B., & Mohamad, M. M. B. (2011). “The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students”. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), hal 121.
Irawati, T. N. (2018). “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bilangan Bulat”. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), hal 67-73.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil. (2016). “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA”. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), hal 142-155.
Lewy, L., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2009). “Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), hal 14-28.
OECD. (2019). Pisa Results In Focus. Tersedia di: https://www.oecd.org/pisa/Combined _Executive_Summaries_PISA_2018.pdf (diakses pada tanggal 9 Oktober 2021)
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), hal 257-269.
TIMSS. (2015). International Results in Mathematics Grade 4. Tersedia di: http://timss2015.org/download-center/ (diakses pada tanggal 9 Oktober 2021)
Tran, V. (2001). Effective Mathematics Teaching Strategies Inspiring Progressive Students: Student-Centered Approach. Penang, Malaysia: Recsam, 2001. Tersedia di: http://fadjarp3g.files.wordpress. com/2007/09/okberpikirtktinggimat_median_.Pdf (diakses pada tanggal 10 Oktober 2021).
Triatmi, E., & Setiawan, R. (2018). “Analisis Strategi Bernalar Logis dan Membagi Kasus pada Permasalahan Non Rutin Kombinatorika”, Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2(3), hal 231-241.
Yanida, F. S. A. (2020).“Analisis kemampuan pemecahan masalah HOT (Higher Oder Thinking) berdasarkan langkah polya pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kalangan siswa kelas VIII SMP Kanisius Wonosari tahun ajaran 2019/2020”,Skripsi, Sanata Dharma University.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahma Fajri Nailah, Teguh Wibowo, Erni Puji Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.