Analisis Perkembangan Kognitif dalam Pemahaman Konsep Gelombang pada Siswa Jenjang SD-SMP-SMA Berdasarkan Teori Perkembangan Piaget

Authors

  • Muhammad Dipa Pramudita Budiyana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Sidiq Nursabil UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Natasya Ika Pratiwi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nawallaili Musyayaroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shofi Shofiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sri Salsa Umiyati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Susanti Susanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Widia Astuti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30595/jssh.v9i1.20224

Keywords:

Kognitif, Konsep Gelombang, Proses Belajar

Abstract

Perkembangan peserta didik di zaman sekarang dihadapkan pada berbagai tantangan dan masalah yang bersifat kompleks. Beberapa masalah perkembangan utama yang dihadapi oleh peserta didik di era kontemporer termasuk: Digitalisasi, Ketidaksetaraan Pendidikan dan Gaya Belajar yang Beragam. Peserta didik merupakan semua komponen masyarakat yang belajar dan mengembangkan diri melalui prosedur – prosedur, baik prosedur formal maupun nonformal yang memiliki karakteristik berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses berpikir dalam pemahaman konsep gelombang pada peserta didik jenjang SD-SMP-SMA. Dan untuk merangsang proses berpikir peserta didik dalam pembelajaran konsep gelombang untuk melibatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sintetis peserta didik untuk memahami fenomena gelombang dan mengaitkan konsep gelombang dengan pengalaman nyata peserta didik. Melibatkan contoh-contoh yang relevan dan aplikatif dapat membantu peserta didik untuk mengaitkan teori dengan situasi sehari-hari, untuk memudahkan pemahaman mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dimana metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Perkembangan peserta didik pada jenjang SD diketahui bahwa kemampuan kognitif peserta tersebut baik dan kurang baik karena ada dua faktor yaitu antara dari peserta didiknya sendiri atau dari metode belajar guru yang mengajarnya. Sementara peserta didik pada jenjang SMP dan SMA diketahui bahwa kemampuan kognitif peserta didik tersebut baik dan berdasarkan tingkat kognitif C1-C4, artinya mulai dari mendefinisikan, memahami, menerapan dan menganalisis secara keseluruhan pada materi  kefisikaan (gelombang) sudah paham dengan baik.

References

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).

Ayoib, C. A., & Nosakhare, P. O. (2015). Directors culture and environmental disclosure practice of companies in Malaysia. International Journal of Business Technopreneurship, 5(1), 99–114.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.

Ekawati, F., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Getaran dan Gelombang Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 2, pp. 293-298).

Haerunnisa, H., Prasetyaningsih, P., & Biru, L. T. (2022). Analisis miskonsepsi siswa SMP pada konsep getaran dan gelombang. Pendipa Journal of Science Education, 6(2), 428-433

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget: Array. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).

Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (pysthots) peserta didik SMA. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 18(1), 1-12.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa': Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, 2(2), 86-91.

Meilani, L., Bastulbar, B., & Pratiwi, W. D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 282-287.

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-263.

Mu'min, S. A. (2013). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99)

Rohmawati, L. (2019). Pengaruh Pengawas dan Direksi Wanita Terhadap Risiko Bank Dengan Kekuasaan CEO Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Bank Umum Indonesia). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 26–42.

Ufie, A. (2017). Implementasi Teori Genetik Epistemology Dalam Pembelajaran Guna Memantapkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 5(1), 25-43.

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Budiyana, M. D. P., Nursabil, M. S., Pratiwi, N. I., Musyayaroh, N., Shofiah, S., Umiyati, S. S., … Astuti, W. (2025). Analisis Perkembangan Kognitif dalam Pemahaman Konsep Gelombang pada Siswa Jenjang SD-SMP-SMA Berdasarkan Teori Perkembangan Piaget. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 9(1), 59–80. https://doi.org/10.30595/jssh.v9i1.20224