Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30595/medek.v21i2.10980Keywords:
Covid-19, konsumen, Belanja Online, DataAbstract
COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menyebabkan gejala utama gangguan pernapasan. Penyakit ini menjadi sorotan karena pertama kali muncul pada akhir tahun 2019 di Wuhan, China. Lokasi kemunculannya yang pertama, membuat virus corona juga dikenal sebagai virus Wuhan. Selain China, virus corona juga telah menyebar dengan cepat ke berbagai negara lain, antara lain Jepang, Thailand, Korea Selatan, bahkan Amerika Serikat dan Indonesia. Hal ini mendorong pemerintah Indonesia untuk memperluas kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro (PPKM) di seluruh provinsi mulai 1 Juni sampai 14 Juni serta menerapkan kebijakan social distancing dan perubahan gaya hidup sehari-hari, termasuk pola konsumtif dan perubahan gaya hidup masyarakat.  Pada saat itu. kenormalan baru khususnya di Indonesia. Mengubah pola perilaku jarak sosial dan pembatasan perjalanan telah mengubah rutinitas sehari-hari dan cara konsumen bekerja, berbelanja, dan bermain. Oleh karena itu, banyak konsumen yang beralih ke platform online untuk membeli berbagai kebutuhan. Pergeseran ke penjualan online ini diperkirakan akan terus berlanjut setelah pandemi mereda, serta melakukan berbagai aktivitas di rumah. Penulisan jurnal ini menggunakan metode penelitian studi literatur dengan sumber resmi/valid baik berupa buku/informasi untuk kemudian dianalisa secara mendalam oleh penulis dan diolah menjadi bahan penelitian.
References
Sudirman, Acai dkk. (2020), Afrianti, Dr.
Hidayat, Dedi. 2020. Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19 (2020). https://infobrand.id/survei-alvara-perilaku-publik-selama-pandemi-covid-19.phtml, [Accessed pada 8 Juli 2021]
Anggita, Vina. 2020. Pandemi Mengubah Perilaku Konsumen (2020). https://swa.co.id/swa/trends/survei-pwc-pandemi-mengubah-perilaku-konsume, [Accessed pada 8 Juli 2021]
Devita, Vivin Dian. 2020. Perilaku Berbelanja Online di Indonesia Saat Ramadan (2020). https://iprice.co.id/trend/insights/prilaku-berbelanja-online-di-indonesia-saat-ramadan-2020/, [Accessed pada 9 Juli 2021]
Azizah, Khadijah Nur. 2020. Kilas Balik Perjalanan Awal Corona di Indonesia (2020). https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5584135/kilas-balik-perjalanan-awal-corona-di-indonesia, [Accessed pada 24 Juni 2021]
Wildan, Muhammad. 2020. Ada Perubahan Perilaku Konsumsi Masyarakat (2020).
https://news.ddtc.co.id/bps-ada-perubahan-perilaku-konsumsi-masyarakat 24377?page_y=1561. [Accessed pada 9 Juli 2021]
Dianawanti, Vinsensia. 2020. Riset Tunjukan Gaya Hidup Orang Indonesia Berubah karena Virus Corona Covid-19. https://www.liputan6.com/bola/read/4225707/riset-tunjukkan-gaya-hidup-orang-indonesia-berubah-karena-virus-corona-covid-19. [Accessed pada 7 Juli 2021]